Kamis , 12 Oktober 2017, 17:19 WIB

Sleman Jadi Tuan Rumah Piala Soeratin 2017

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Endro Yuwanto
facebook.com
Ratu Tisha
Ratu Tisha

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Bupati Sleman Sri Purnomo menerima kunjungan pengurus pusat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Kamis (12/10). Kunjungan itu terkait pelaksanaan putaran nasional sepak bola usia muda Piala Soeratin U-17 dan U-15 pada 14-28 Oktober 2017 di Kabupaten Sleman.

Pertandingan itu akan dilaksanakan di delapan stadion, seperti Stadion Gemilang Magelang, Stadion UNY, Stadion Dwi Windu, dan Stadion Abu Bakar. Sedangkan, Kabupaten Sleman sebagai ruan rumah akan menghelat beberapa pertandingan di dua stadion, yaitu Maguwoharjo dan Tridadi.

Total, akan ada 32 klub dari kategori usia 17 tahun, dan 30 klub kategori usia 15 tahun yang akan bertanding di Piala Soeratin. Piala Soeratin rencananya akan dibuka pada 14 Oktober 2017, dan kick-off dimulai pada pukul 19.00 WIB di Stadion Maguwoharjo.

Pertandingan pembuka akan mempertemukan PSS Sleman U-17 melawan Persebun (Pangkalanbun) U-17. Pembukaan akan diawali Festival Parade City yang akan digelar mulai pukul 11.00 WIB, sebagai bentuk promosi dan dilaksanakan dengan berkeliling DIY, dengan garis awal dan akhir di Stadion Maguwoharjo.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, ada beberapa pertimbangan untuk memilih Kabupaten Sleman sebagai tuan rumah Piala Soeratin 2017. Menurut dia, salah satu alasannya karena lolosnya kedua tim Kabupaten Sleman yaitu PSS U-17 dan U-15 ke babak nasional.

"Kami memilih pembukaannya untuk diselenggarakan di Sleman, sebagai apresiasi dari PSSI terhadap Sleman atas pembinaan usia muda yang menyeluruh, karena kedua timnya lolos," kata Tisha di Ruang Tamu Bupati Sleman, Kamis (12/10).

Tisha menilai, kompetisi itu dapat menjadi Piala Dunia-nya Indonesia yang mampu melahirkan pemain-pemain berkelas dunia di kemudian hari. Karena itu, Tisha berharap, dengan adanya kompetisi itu PSSI dapat bersinergi dengan pemerintah daerah maupun pusat agar penyelenggaraannya jadi lebih meriah. "Saya berharap, dapat meluncurkan Egy-Egy berikutnya, karena Egy Maulana Vikri juga lahir dari Piala Soeratin tahun lalu," ujar dia.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut baik perhelatan Piala Soeratin 2017 yang mampu melahirkan bintang-bintang lapangan hijau Indonesia. Karena itu, ia memberikan apresiasi kepada PSSI yang telah menunjuk Kabupaten Sleman sebagai tuan rumah Piala Soeratin 2017. "Saya berharap, semoga nanti bisa memunculkan pemain-pemain yang berkualitas," kata dia.

Piala Soeratin merupakan turnamen sepak bola yang diperuntukkan bagi pemain berusia 18 tahun ke bawah, dan berubah menjadi 17 tahun ke bawah usai diregulasi PSSI pada 2012 silam. Piala Soeratin diambil dari nama depan Ketua Umum PSSI pertama, yaitu Soeratin Sosrosoegondo.

Berita Terkait