Ahad , 22 October 2017, 20:32 WIB

Dua Gol Bepe Bawa Macan Kemayoran Bungkam Semen Padang

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Ist
Liga 1
Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta berhasil mengalahkan tamunya Semen Padang dengan skor 2-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Ahad (22/10) malam WIB. Kedua gol Macan Kemayoran dicetak oleh legenda mereka, Bambang Pamungkas pada menit ke-68 dan menit ke-90 setelah sebelumnya pada babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Pada babak pertama, kedua tim harus bermain imbang tanpa gol. Meski demikian, sejumlah peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Namun rapatnya lini pertahanan masing-masing, membuat lini depan mereka tak mampu menciptkan gol sepanjang 45 menit pertama.

Pada pertengahan babak pertama, sebenarnya Rudi Widodo menjebol gawang Semen Padang, tapi golnya masih dianulir oleh wasit pertandingan, Alireza. Tidak ketinggalan, striker Bruno Da Silva Lopes juga nyaris mencatatkan namanya di papan skor tapi aksinya masih bisa diantisipasi oleh Jandia Eka Putra. Skor 0-0 menyudahi 45 menit pertama.

Persija Jakarta nyaris menciptakan gol cepat saat babak kedua baru berjalan lima menit. Peluang itu hadir melalui aksi Rezaldi Hehanusa yang datang dari sisi kiri merengsek masuk ke jantung pertahanan Semen Padang. Setelah melewati  dua pemain belakang Semen Padang, Rezaldi bekerjasama dengan Bambang Pamungkas, tapi sayang tembakannya masih bisa ditepis kiper pengganti, M Ridwan.

Pada menit ke-60, Bambang Pamungkas berpeluang memecah kebuntuan melalui tendangan spektakulernya. Pemain bernomor punggung 20 itu memanfaatkan umpan lambung Bruno Da Silva Lopes. Tanpa ancang-ancang Bambang Pamungkas, menyambut umpan tersebut dengan tendangan setengah voli, tapi sayang hasilnya masih melenceng tipis di sisi kiri dari tiang gawang M Ridwan.

Akhirnya stadion bergemuruh, usai jala gawang Semen Padang bergetar. Setelah tendangan first time Bambang Pamungkas tidak mampu dijangkau M Ridwan. Bambang Pamungkas memanfaatkna umpan silang Rezaldi dari sisi kanan pertahanan Semen Padang. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Persija Jakarta.

Tidak cukup satu gol, Bambang Pamungkas kembali mengamuk dengan menjebol gawang M Ridwan untuk kedua kalinya. Kali ini Bambang Pamungkas memanfaatkan umpan terobosan rekannya dari yang datang dari lini tengah. Bambang Pamungkas yang lolos dari jebakan offside langsung mencocorkan ke sudut sempit sisi kanan bawah gawang. Skor 2-0 untuk kemenangan Persija bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Dengan kemenangan ini Persija Jakarta mempertahankan posisinya di peringkat enam klasemen sementara Liga 1 dengan 52 poin. Macan Kemayoran masih tertinggal dua anga dari Madura United yang berada di atasnya. Adapun Semen Padang semakin terpuruk di papan bawah dan terancam terdegradasi ke Liga 2 pada musim depan. Kabau Sirah tertahan di peringkat 16 dengan 29 angka. Mereka tertinggal dua poin dari Perseru Serui yang berada di zona aman.