Rabu , 15 November 2017, 06:00 WIB

Jika Evan Dimas ke Selangor, Ia akan Ikuti Jejak 4 Pemain Ini

Red: Endro Yuwanto
Republika/ Edwin Dwi Putranto
Evan Dimas-Timnas U19
Evan Dimas-Timnas U19

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Evan Dimas dikabarkan akan berlabuh ke klub Malaysia Selangor FA. Gelandang timnas Indonesia itu dipastikan tak memperpanjang kontrak dengan Bhayangkara FC setelah tiga musim bersama klub yang bermarkas di Stadion Patriot tersebut.

Mantan kapten timnas Indonesia U-19 itu hengkang dengan alasan ingin mencari tantangan baru. Andai memang memperkuat Selangor FA, Evan bisa jadi akan diplot menggantikan Andik Vermansyah yang sejak 2013 membela Selangor. Andik dilaporkan tak lagi memperpanjang kontrak dengan klub yang bermarkas di Kota Kuala Lumpur tersebut.

Di persaingan sepak bola internasional, timnas Indonesia dan Malaysia adalah rival abadi. Pertandingan yang mempertemukan keduanya selalu berlangsung dalam tensi panas. Satu sama lain tak mau mengalah guna menjaga gengsi negara serumpun. Uniknya, fakta menunjukkan bahwa klub-klub Malaysia senang menggunakan pesepak bola Indonesia. Klub itu menilai pemain-pemain Indonesia punya skill individu mumpuni.

Kehadiran para pemain Indonesia seakan bisa menjadi magnet untuk mendatangkan penonton ke stadion. Adapun klub Malaysia yang getol menggaet pemain Indonesia adalah Selangor yang kemungkinan juga akan melabuhkan Evan Dimas musim depan. Berikut empat pemain asal Indonesia yang pernah membela Selangor.


1. Ristomoyo (Musim 1986)


Ristomoyo adalah salah satu pemain didikan Sinyo Aliandoe di timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 1986. Bakatnya ditemukan di klub Galatama asal Bali, Caprina. Pemain yang beroperasi sebagai bek kiri tersebut, masuk skuat Merah-Putih meski klubnya diduga terlibat kasus pengaturan skor. Kemampuannya memikat petinggi klub asal Negeri Jiran, Selangor FA. Seusai tampil membela skuat Merah-Putih di ajang Kualifikasi Piala Dunia 1986, ia diboyong ke Malaysia.