Jumat , 08 December 2017, 09:10 WIB

Madura United Tetap Persiapkan Tim untuk 3 Kompetisi

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
Liga Indonesia
Logo Madura United
Logo Madura United

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN — Manajemen Madura United masih optimistis klub mereka akan tampil di Piala AFC. Manajer Madura United Haruna Soemitro mengtakan pihaknya masih berpegangan pada skenario untuk menghadapi tiga kompetisi musim depan. Yakni Piala AFC, Liga 1 dan Copa Indonesia.

"Kami tetap dengan rencana semula menjalani tiga ajang sekaligus," kata Haruna, dikutip dari laman resmi Madura United, Jumat (8/12).

Madura United masih belum mendapat kepastian untuk tampil di Piala AFC 2018. Laskar Sape Kerrab harus menunggu nasib Bali United di kualifikasi Liga Champions Asia. 

Bali United akan menghadapi Tampines Rovers pada 16 Januari 2018 mendatang untuk laga perdana play-off LCA. Andai Serdadu Tridatu gagal melewati adangan Tampines Rovers di fase play off, Madura United otomatis gagal ke Piala AFC. 

Sebab, Bali United yang akan mengisi satu slot lagi untuk kasta kedua kompetisi kasta kedua di Asia itu bersama Persija Jakarta. Indonesia hanya punya jatah dua klub di Piala AFC. 

Sejauh ini, Madura sudah memiliki 19 pemain bersama mereka untuk musim depan. Jumlah itu akan terus bertambah karena manajemen Madura United masih terus bergerak mencari pemain baru.

Madura United finis di urutan lima klasemen akhir Liga 1 2017. Posisi itu membuat Bayu Gatra dan kawan-kawan berpeluang tampil di kompetisi Asia. Indonesia memiliki jatah 1+2 di kompetisi Asia. Satu untuk Liga Champions Asia dari babak kualifikasi dan dua untuk Piala AFC.

Dua klub yang masuk tiga besar Liga 1 2017 terhalang oleh regulasi karena tidak memiliki lisensi internasional yakni Bhayangkara FC dan PSM Makassar. Dengan demikian, tiga klub yang didaftarkan ke Asia adalah Bali United, Persija Jakarta dan Madura United.