Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Menyambut Liga 1, Persebaya Gerak Cepat

Jumat 15 December 2017 12:36 WIB

Red: Ratna Puspita

Ribuan suporter Persebaya berkonvoi saat mengiringi arak-arakan tropi kemenangan Persebaya di Liga 2 dan pemainnya, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (29/11).

Ribuan suporter Persebaya berkonvoi saat mengiringi arak-arakan tropi kemenangan Persebaya di Liga 2 dan pemainnya, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (29/11).

Foto: Antara/Didik Suhartono

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Manajer Persebaya Choirul Basalamah mengaku manajemen melakukan gerak cepat agar program maupun komposisi tim terjaga sehingga perlu langkah untuk mempersiapkannya sejak awal. Musim depan, Persebaya akan berlaga pada Liga 1. 

Salah satu gerak cepat itu, yakni Manajemen Persebaya Surabaya memperpanjang kontrak pesepakbola Irfan Jaya selama dua tahun untuk membantu tim mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan. Selain Irfan Jaya, dua pesepakbola yaitu Oktafianus Fernando (sayap) dan M. Hidayat (gelandang) juga disodorkan kontrak dengan durasi sama. 

Dari total 27 pesepakbola yang musim lalu turut mengantar Persebaya juara Liga 2, 17 pemain sepakat memperpanjang kontrak dan sisanya 10 pemain berstatus dipinjamkan. Dari pemain yang memperpanjang kontrak, 14 pemain dikontrak setahun. 

"Kontrak anyar sudah dikantongi sejumlah pemain yang masuk dalam gambaran proyeksi dipastikan bertahan. Tapi ada juga yang dipinjamkan ke tim lain," ujarnya, dilansir Antara, Jumat (15/12). 

Pada dasarnya, kata dia, manajemen beritikad menyodorkan perpanjangan kontrak kepada semua pemain, namun semua dikembalikan ke masing-masing pemain memilih melanjutkan bersama Persebaya atau tidak. Selain itu, Persebaya juga melihat kebutuhan di Liga 1 karena tidak semua pemain memiliki jam terbang dan kemampuan yang cukup untuk bersaing di kasta tertinggi Liga Indonesia.

Abud, sapaan akrabnya, juga menjelaskan pesepakbola yang terlibat dalam program ini sebenarnya masih terikat kontrak dan gaji masih dibayarkan oleh Persebaya sehingga tim yang meminjam tidak mengeluarkan uang sama sekali.

Pemain yang dipinjamkan ke klub lain, dia melanjutkan, mayoritas masih berusia muda karena program ini mempunyai tujuan agar mereka bisa semakin berkembang di klub lain. "Harapannya satu hari nanti para pemain ini kembali memakai baju hijau-hijau dengan pengalaman, kualitas dan skill yang telah berkembang," katanya.

Sementara itu, selepas perpanjangan kontrak, manajemen memberikan kesempatan pemain dan tim pelatih untuk liburan setelah mengarungi kompetisi Liga 2 yang cukup panjang musim lalu. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES