Kamis, 3 Sya'ban 1439 / 19 April 2018

Kamis, 3 Sya'ban 1439 / 19 April 2018

Indonesia Tahan Imbang Islandia di Babak Pertama

Ahad 14 Januari 2018 20:08 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita

Suasana tribun penonton saat menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (14/1).

Suasana tribun penonton saat menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (14/1).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Timnas Indonesia mampu menahan imbang Isandia. Laga babak pertama kedua kesebelasan, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), pada Ahad (14/1), berakhir dengan skor 1-1. 

Nama pemain serang Ilham Udin Armayn menjadi pahlawan bagi skuat Merah Putih di 45 menit pertama kali ini. Sementara gol balasan dari Islandia dicetak oleh Albert Gudmundsson.

Gol Ilham terjadi pada menit ke-29. Skor pembuka itu terjadi lantaran kesalahan kiper Islandia, Runar Alex Runarsson. Semula, gelandang sayap Febri Haryadi yang mencoba umpan jauh dari lini kanan serangan. Umpannya menuju ke depan gawang.

Umpan dari Febri sebetulnya terbaca oleh kiper Runar yang membuatnya mencoba menangkap bola. Walakin, setelah sang kiper mengamankan bola di udara, si kulit bundar tersebut terlepas. Ada Ilham yang cepat merebut bola dan melepaskan sepakan ke gawang. Skor menjadi 1-0.

Keunggulan sementara Indonesia atas Islandia ini patut dipuji. Sejak awal, pertandingan permainan yang ditampilkan anak asuh pelatih Luis Milla Aspas ini tampak menjanjikan. Islandia memang berhasil membuka serangan awal pada menit ke-4. Namun, skuat Garuda mampu membalas balik dan bertubi.

Dengan formasi bermain 4-4-2, para penggawa Garuda mampu menekan dari semua lini. Di 20 menit pertama, serangan kepada the Our Boys tercatat lebih dari empat kali. Fokus serangan pun berimbang dari lini kanan dan kiri juga tengah.

Sayang memang, sejumlah peluang tersebut tak berhasil dikonversi menjadi gol. Akan tetapi, permainan Indonesia mampu membuat para penggawa pelatih Heimir Hallgrimson bungkam. Selama 45 menit pertandingan babak pertama, Indonesia mampu mendikte Islandia dengan penguasaan bola mencapai 58 persen.

Namun, nasib buruk bagi gawang Indonesia menjelang turun minum. Tambahan waktu dua menit dari wasit Araki Yusuke menjadi kesempatan bagi Islandia membalas skor tertinggal. 

Persisnya pada menit ke-47, serangan balik dari lini tengah berhasil mengantarkan bola ke lini pertahanan Indonesia. Ada Gudmunsson yang berjibaku dengan empat tiga bek tuan rumah merebut bola. Pemain dengan angka punggung 10 itu, pun berhasil melepas sepakan yang tak mampu dihalau kiper Andritany Ardhiyasa. Skor menjadi imbang 1-1. 

 

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES