Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Persija 'Diuntungkan' dengan Absennya Penggawa Utama SLNA

Selasa 13 Maret 2018 16:26 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Suporter membentangkan bendera dan syal dalam laga kedua Grup H Piala AFC antara Persija Jakarta melawan Tampines Rovers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2). Persija berhasil menang dengan skor 4-1.

Suporter membentangkan bendera dan syal dalam laga kedua Grup H Piala AFC antara Persija Jakarta melawan Tampines Rovers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2). Persija berhasil menang dengan skor 4-1.

Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Skuat asuhan Nguyen Duc Thang tak menyertakan 6 penggawa utamanya ke Jakarta..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta akan menjamu wakil Vietnam, Song Lam Nghe An (SLNA) pada pertandingan keempat babak penyisihan Grup H Piala AFC 2018. Laga kedua kesebelasan akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (14/3).

Persija diuntungkan dalam laga nanti. Bukan cuma lantaran akan menjamu lawan di kandang sendiri. Namun skuat Macan Kemayoran diuntungkan dengan sejumlah pemain utama SLNA yang tak dibawa ke Jakarta.

Skuat asuhan pelatih Nguyen Duc Thang itu tak menyertakan enam penggawa utamanya. Salah satu pemain yang dipastikan absen, yakni striker Michale Olaha. Pelatih Thang juga tak menyertakan dua gelandangnya Phan Van Duc dan Ho Khac Ngoc. Semakin minus SLNA karena sang kapten Que Ngoc Hai juga tak turut serta.

Adapun gelandang Ho Sy Sam memang tak bisa tampil kali ini lantaran saat menjamu Persija, Selasa (6/3), ia diganjar kartu merah. Sedangkan, striker baru SLNA Osmar Moreira memang belum bisa tampil lantaran belum terdaftar dalam skuat AFC 2018.

Pelatih Thang, saat jumpa pers pralaga di Jakarta, Selasa (13/3) menerangkan alasan tak membawa para penggawa utamanya itu. Thang menegaskan terpaksa tak menyertakan sejumlah pemain utamanya itu lantaran kebutuhan kompetisi domestik. "Saya tidak bermaksud meremehkan Persija. Tetapi saya yakin pemain-pemain yang saya bawa bisa memberikan perlawanan bagi Persija," ujar dia.

Thang pun mengatakan, sejumlah pemain lapis keduanya kali ini punya tugas pasti mencuri tiga angka di markas Macan Kemayoran. Raihan tiga angka dari Persija kali ini memang penting bagi SLNA. Tim tersebut kini berada di pucuk klasemen Grup H dengan nilai tujuh angka. Adapun Macan Kemayoran kini berada di peringkat ketiga dengan koleksi empat angka. Laga kedua kesebelasan pada pertandingan ketiga pekan lalu berakhir dengan skor imbang 0-0.

Skuat asuhan pelatih Stefano Cuggura Teco pun membutuhkan tiga angka tambahan demi mengamankan posisi klasemen. Sebab, dengan posisi ketiga dan modal empat angka, tentu tak cukup bagi Persija lolos fase grup. Usai laga Persija dan SLNA, pertandingan babak penyisihan grup menyisakan dua lagi laga sebelum menuju babak perempat final.

Tecco mengaku tak terpengaruh dengan keputusan SLNA yang tak membawa para penggawa utamanya. Ia menyampaikan, para pemain utamanya akan tampil sejak babak pertama. Hanya dua pemain yang memang dalam kondisi sakit, yakni Gunawan dan Novri. Akan tetapi dua pemain tersebut, pun selama Piala AFC kerap di bangku cadangan. "Saya tidak mau komentar tentang mengapa mereka (SLNA) tidak membawa pemain utama. Tidak tahu saya," ujar dia.

Tecco menegaskan, meskipun SLNA tak membawa sejumlah penggawa utama bukan berarti Persija akan tampil tak maksimal. "Saya pikir pemain itu tidak hanya 11 orang. Kami harus respek dengan semua pemain. Tapi yang penting Persija harus tetap fokus dan bermain maksimal di kandang sendiri," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Anwar Ibrahim Bertemu BJ Habibie

Ahad , 20 Mei 2018, 18:28 WIB