Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Indonesia U-23 Bungkam Singapura 3-0

Rabu 21 March 2018 20:55 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Hazliansyah

Muhammad Hargianto

Muhammad Hargianto

Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Indonesia lebih banyak menguasai bola di sepanjang pertandingan

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Timnas Indonesia U-23 membungkam Singapura 3-0 dalam laga uji coba internasional di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (21/3). Agresivitas dan kekompakan permainan Hargianto dkk berhasil membuat permainan Singapura tidak berkembang. Indonesia pun lebih banyak menguasai bola di sepanjang pertandingan.

Gol pertama dilesakkan Febri Hariyadi di menit 43. Dua gol tambahan terjadi di babak kedua yang diciptakan kapten kesebelasan Muhammad Hargianto menit 51 dan Septian David Maulana menit 65.

Sejak babak pertama dimulai, Indonesia sudah langsung membangun serangan. Adalah Febri Haryadi yang tampil dominan yang beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Singapura.

Kolaborasi Zulfiandi dan Hargianto yang pernah menjadi tandem Evan Dimas di Timnas U-19 cukup mampu mengatur serangan di lini tengah.

Menit 8 Febri melepaskan tendangan. Namun tendangannya masih bisa dihalau pemain belakang Singapura.

Tendangan langsung Febri menit 17 juga masih belum berbuah gol. Arahnya sudah tepat, tetapi masih dapat dihalau kiper Muhammad Zharfan Bin Rohaizad. Tak lama berselang, crossing Saddil Ramdani juga masih bisa diblok kiper Zharfan.

Peluang emas terjadi di menit ke-24. Ezra Walian yang berhasil memanfaatkan kelengahan pemain belakang Singapura langsung membawa bola ke depan gawang. Tinggal berhadapan dengan kiper, namun sayang tendangan mendatar Ezra masih bisa dihalau kiper Singapura.

Gol akhirnya baru tercipta di menit ke-43. Febri Haryadi yang bermain agresif sejak awal pertandingan, membawa bola dari sisi kiri lapangan ke tengah. Melewati beberapa pemain, sebelum kemudian melepaskan tembakan kaki kanan.

Bola yang melaju deras ke kanan gawang Singapura tidak mampu dihadang kiper. Indonesia unggul 1-0. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Singapura juga mencoba bermain lebih cepat dengan memberikan umpan langsung ke tengah kotak penalti Indonesia. Namun kegemilangan pemain belakang Indonesia dan Awan Setho di bawah mistar masih bisa meredam serangan Singapura.

Permainan Indonesia semakin berkembang. Menit 51 Muhammad Hargianto berhasil menorehkan nama di papan skor setelah tendangan plessingnya berhasil menembus gawang Singapura.

Febri yang berakselerasi di sisi kiri menembus pertahanan Singapura yang kemudian memberikan bola ke Hargianto.

Dengan tenang, Hargi melesakkan bola ke sisi kanan gawang bawah Singapura yang tidak bisa dihalau penjaga gawang Singapura, Zhafran.

Menit ke-65, Indonesia kembali menambah angka. Kali ini melalui Septian David Maulana yang masuk di babak kedua.

Memanfaatkan terobosan Febri Haryadi yang kemudian melepaskan umpan tarik, Septian yang berdiri bebas menyodok bola mendatar ke gawang Singapura.

Hingga akhir pertandingan, skor tidak berubah dengan kemenangan Indonesia 3-0.

Laga melawan Singapura ini menjadi uji coba tandang pertama timnas U-23 Indonesia pada 2018.

Pertandingan ini sekaligus merupakan salah satu persiapan tim Merah Putih menghadapi Asian Games pada Agustus mendatang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA