Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Indra Sjafri Kembali Latih Timnas U-19?

Kamis 19 April 2018 12:13 WIB

Red: Hazliansyah

Pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri mengacungkan jempol kearah pemain Rafly Mursalim seusai sang pemain mencetak gol ke gawang Kamboja dalam laga uji coba di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10). Indonesia menang dengan skor 2-0.

Pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri mengacungkan jempol kearah pemain Rafly Mursalim seusai sang pemain mencetak gol ke gawang Kamboja dalam laga uji coba di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10). Indonesia menang dengan skor 2-0.

Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Gusti Randa mengakui ada masukan untuk kembali memasukkan Indra ke Timnas U19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengumumkan pelatih tim nasional U-19 dalam waktu dekat. Salah satu nama yang mencuat adalah Indra Sjafri yang dinilai akan kembali menukangi garuda muda.

Anggota komite eksekutif Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Exco PSSI) Gusti Randa mengakui ada beberapa masukan untuk kembali memasukkan Indra ke Timnas U-19.

Namun ia enggan menjawab apakah nama Indra Sjafri memang masuk dalam kandidat pelatih yang rencananya akan dibahas dalam rapat Exco PSSI akhir pekan ini.

"Rapat Exco saya belum tahu kapan. Yang jelas kami ingin pelatih yang bisa mengayomi di timnas U-19," ujar Gusti Randa di sela perayaan ulang tahun PSSI, Rabu (18/4) malam.

Secara pribadi ia berharap pelatih baru tim nasional U-19 nantinya merupakan sosok pengayom dan kebapakan. Sebab ia menginginkan timnas U-19 memiliki rasa kebersamaan yang erat tanpa embel-embel egoisme.

"Hal itu sempat tampak dalam kepemimpinan Indra Sjafri, dengan sistem paternalistik (kebapakan) yang diterapkannya," ujar Gusti.

Dia melanjutkan, sikap seperti itu penting karena timnas U-19 merupakan batu loncatan dari pembinaan usia muda sebelum beralih ke U-23 dan senior.

"Timnas U-19 ini cikal bakal tim nasional di masa depan," kata Gusti.

Sebelumnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono menyebut nama pelatih timnas U-19 akan diumumkan sebelum tanggal 23-24 April 2018 setelah diputuskan dalam rapat Exco PSSI.

Beberapa nama memang santer merebak untuk menggantikan posisi Bima Sakti di timnas U-19. Selain kembalinya Indra, juga tersiar kabar kedatangan mantan pelatih timnas U-23 Myanmar Gerd Zeise.

Bima Sakti sendiri hanya bertugas selama kurang lebih dua bulan di timnas U-19 sebelum difokuskan kembali membantu pekerjaan pelatih timnas Indonesia Luis Milla yang mempersiapkan skuat menuju Asian Games 2018.

Di masa kepemimpinan Bima, timnas U-19 selalu kalah dari dua kali pertandingan uji coba yaitu takluk dari timnas U-23 dengan skor 0-5 dan dikandaskan timnas U-19 Jepang dengan skor 1-4.

Sebelum Bima Sakti, timnas U-19 sempat dilatih Indra Sjafri. Indra sendiri merupakan pelatih tersukses sepanjang sejarah timnas U-19 setelah dia membawa anak-anak asuhnya juara Piala AFF U-19 pada tahun 2013.

Ketika itu, Indra juga berhasil menemukan bakat-bakat usia muda yang saat ini menjadi pilar tim nasional Indonesia seperti Evan Dimas, Hansamu Yama Pranata, Muhammad Hargianto, dan I Putu Gede Juni Antara.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES