Senin , 20 Maret 2017, 06:30 WIB

Mourinho: Iblis Merah Solid, Kompak, dan Sangat Berbahaya

Rep: Agus Raharjo/ Red: Andri Saubani
Nigel French/PA via AP
Reaksi pelatih Manchester United, Jose Mourinho pada laga Liga Primer lawan Middlesbrough di stadion Riverside, Ahad (19/3). United menang 3-1 pada laga ini.
Reaksi pelatih Manchester United, Jose Mourinho pada laga Liga Primer lawan Middlesbrough di stadion Riverside, Ahad (19/3). United menang 3-1 pada laga ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United berhasil mengamankan tiga angka di markas Middlesbrough usai menang dengan skor 3-1. United tanpa diperkuat striker andalan mereka Zlatan Ibrahimovic dalam laga itu. Namun, dengan skuat yang ada, mereka mampu mencetak tiga gol ke gawang kiper the Boro, Victor Valdes.

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho mengungkapkan, dirinya memang sengaja melakukan rotasi pemain di laga itu. Mourinho menempatkan Antonio Valencia sebagai gelandang serang mendampingi Juan Mata dan Jese Lingard. Valencia menggantikan posisi Henrikh Mkhitaryan yang kelelahan melakoni laga melawan Rostov tengah pekan kemarin.

Asley Young juga diturunkan untuk menggantikan posisi Marcos Rojo yang juga kelelahan. Meskipun menempatkan pemain-pemain yang jarang diturunkan, namun, Mourinho memuji permainan timnya. “Tim bermain solid, kompak dan sangat berbahaya,” ungkap Mourinho dikutip dari laman resmi Manchester United, Senin (20/3).

Baca juga, 'Pekan Luar Biasa untuk Mancheser United'.

Rotasi pemain yang dilakukan Mourinho memang membuahkan hasil.  Young yang menggantikan peran Rojo sebagai bek sayap kiri berhasil mengirim umpan untuk membantu proses gol pertama United yang dicetak Marouane Fellaini pada menit ke-30. Kedudukan 1-0 berjalan hingga jeda turun minum.

Memasuki paruh kedua, United berhasil menggandakan keunggulan lewat gol yang dicetak Jese Lingard pada menit ke-62. The Boro sempat bereaksi dan menipiskan ketertinggalan lewat gol Rudy Gestede pada menit ke-77. Namun, Valencia kembali mebuat lebar selisih gol setelah memanfaatkan kesalahan Victor Valdes pada masa injury time.

Mourinho mengungkapkan, permainan timnya membuat banyak masalah di pertahanan Middlesbrough. United bahkan memiliki tiga peluang emas yang mampu diselamatkan Victor Valdes sebelum gol pertama Iblis Merah. Pelatih asal Portugal juga mengakui tim tuan rumah sangat wajar mampu bereaksi dan mencetak satu gol karena mereka tengah berjuang keluar dari zona degradasi. “Mereka memerjuangkan setiap angka untuk degradasi, tapi kami pantas menang,” tegas dia.