Senin , 20 March 2017, 11:59 WIB

Cetak Gol Penting Bukti Fellaini Sangat Bermanfaat untuk United

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Nigel French/PA via AP
Gelandang Manchester United, Marouane Fellaini (kiri) menanduk bola masuk ke gawang Middlesbrough pada laga Liga Primer Inggris, di stadion Riverside, Ahad (19/3). United unggul 1-0 pada babak pertama.
Gelandang Manchester United, Marouane Fellaini (kiri) menanduk bola masuk ke gawang Middlesbrough pada laga Liga Primer Inggris, di stadion Riverside, Ahad (19/3). United unggul 1-0 pada babak pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Penampilan gelandang Manchester United (MU) Maroune Fellaini pada laga kontra Middlesbrough di Riverside Stadium, Ahad (19/3) malam WIB sangat mengesankan. Tampil sebagai gelandang serang, Fellaini tak canggung menggantikan posisi Paul Pogba yang absen pada laga tersebut karena cedera.

Pemain muslim keturunan Maroko ini bahkan mampu mencetak gol dan membantu United menang 3-1 atas tim tuan rumah. Gol tersebut merupakan yang pertama bagi Fellaini di ajang Liga Primer Inggris musim ini.

Sosok Fellaini sempat diragukan untuk bisa mengganti peran Pogba di lini tengah pada laga tersebut. Punya tipikal permainan yang berbeda dari sang pemain termahal dunia, Fellaini dianggap hanya cocok jadi sosok pendamping gelandang serang.

Akan tetapi ternyata, Fellaini yang berkerja sama dengan Juan Mata, Michael Carrick dan Jesse Lingard di lini tengah bisa menunaikan tugasnya dengan baik. Pujian pun digelontorkan oleh legenda MU, David May.

Bek MU semasa meraih gelar treble pada 1999 ini menyebut Fellaini memang belum merebut hati para fan United. Tetapi, kinerjanya sangat disukai oleh pelatih Jose Mourinho. "Fellaini sangat bermanfaat bagi Mourinho oleh karena itu dia masih selalu mendapatkan tempat di skuat," kata May dalam acara nonton bareng MU kontra Boro di Kawasan GBK, Jakarta, Ahad.

May berpendapat, Fellaini hanya perlu diberikan posisi yang disukai oleh gelandang timnas Belgia itu. May melihat, Fellaini yang jago mengeksekusi umpan lambung dengan sundulan sangat tepat jika sering berada di dekat gawang lawan. "Jadi saya pikir Fellaini bukanlah gelandang bertahan, dia harus diberi kesempatan menyerang," ujarnya.

Fellaini memang jadi andalan Mourinho untuk mengisi lini tengah MU. Sebanyak 34 kali Mourinho memainkan Fellaini di semua ajang musim ini. Mayoritas, pemain berambut gimbal itu selalu tampil sebagai gelandang bertahan.

Gol kontra Boro pun membuatnya mengakhiri paceklik di ajang Liga Primer Inggris dalam 30 laga terakhir. Selain itu, menurut pusat statistik Opta, gol via sundulan yang jadi senjata andalannya itu membuat Fellaini mengukir catatan unik. Yakni, eks pemain Everton ini telah membuat gol ke gawang 20 tim berbeda yang ada di Liga Primer Inggris sejak pertama berkarier di Bumi Ratu Elizabeth musim 2008/2009 silam.