Senin , 20 Maret 2017, 18:20 WIB

Guardiola Bela Aguero yang Mulai Tumpul

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
REUTERS/Darren Staples
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (kanan) dan striker, Sergio Aguero.
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (kanan) dan striker, Sergio Aguero.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City luput memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah ketika ditahan imbang 1-1 oleh Liverpool, Ahad (19/3) malam WIB. Pada laga lanjutan Liga Primer Inggris tersebut, City sebenarnya tampil dominan.

Akan tetapi, juru gedor City yang jadi ujung tombak pada laga tersebut, Sergio Aguero tak mampu memanfaatkan ragam peluang yang ada. Hanya satu gol yang dia buat dari sekian banyaknya kans menjebol gawang lawan saat itu. Sorotan pun tajam mengarah kepada Aguero yang musim ini memang penampilannya sedang menurun.

Pelatih City, Josep Guardiola lantas langsung memberikan pembelaan kepada pemainnya tersebut. Menurutnya, sebagai pelatih yang tidak pernah berkarier menjadi striker, Guardiola merasa tak punya kapasitas untuk menasehati Aguero cara mencetak gol.

"Saat aktif bermain, saya membuat 11 gol dalam 11 tahun, artinya satu gol per tahun. Jadi soal gol saya serahkan kepada para pemain termasuk striker sekelas Aguero," kata Guardiola dikutip dari ESPN, Senin (20/3). Pelatih yang saat aktif bermain punya karier sebagai gelandang bertahan ini mengatakan, barisan serang City sebenarnya sangat berkualitas.

Dia menyatakan, sebuah tim berisi pemain dengan tipikal seperti Yaya Toure, David Silva, Kevin De Bruyne, Leroy Sane, Raheem Sterling dan Aguero sangatlah menyerang. Jika soal gol, Guardiola pun tak paham mengapa saat menghadapi Liverpool timnya tak bisa membuat banyak gol. "Saya hanya berharap tim ini bisa lebih baik setiap saatnya. Secapatnya kami ingin bisa memainkan Gabriel Jesus dan menduetkannya dengan Aguero," kata Guardiola.

Aguero baru mencetak 13 gol musim ini. Jumlah ini tertinggal jauh dari top skorer sementara, striker Everton Romelu Lukaku yang sudah mengoleksi 21 gol.