Selasa , 18 April 2017, 12:26 WIB

Timnya Cuma Menang Dua Kali, Zola Dipecat Birmingham

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
AP/Akira Suemori
Gianfranco Zola
Gianfranco Zola

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM—Legenda Chelsea, Gianfranco Zola resmi dipecat oleh klub kasta kedua Liga Inggris Birmingham City, Selasa (18/4) waktu setempat. Sosok asal Italia ini dipecat dengan meninggalkan catatan sangat buruk di Birmingham.

Dari 22 kali berlaga di Divisi Championship, Birmingham hanya meraih dua kemenangan. Bermaksud meningkatkan performa klub agar segera kembali ke Liga Primer Inggris, manajemen klub mengangkat Zola pada pertengahan Desember 2016 lalu. Kala itu, Birmingham menduduki peringkat ketujuh.

Empat bulan ditangani Zola, Birmingham malah terperosok mendekati zona degradasi Divisi Championship. Tak mau menunggu hingga akhir musim, Birmingham pun memutus kontrak sosok yang masuk ke daftar English Football Hall of Fame pada 2006 ini. "Kami memutuskan untuk berpisah dengan Gianfranco Zola semoga dia mendapatkan masa depan lebih baik," tulis pernyataan resmi Birmingham dikutip dari ESPN, Selasa (18/4).

Kiprah negatif Zola di Birmingham membuatnya tercatat sebagai manajer dengan catatan paling buruk dalam sejarah klub pengoleksi dua trofi Piala Liga Inggris ini. Dari 22 laga, Zola dan tim besutannya menorehkan dua kemenangan, tujuh seri, dan 13 kalah.

Mengacu catatan itu, pusat statistik Opta menyebut rasio kemenangan Birmingham era Zola hanya mencapai 8,9 persen. Rasio kemenangan tersebut jadi yang terburuk di antara pelatih lain yang pernah menangani Birmingham.
Kini, Birmingham masih mencari pelatih yang mau mengemban tugas berat menyelamatkan mereka. Itu karena hingga musim ini menyisakan tiga laga, Birmingham cuma punya 47 angka dan terpaut tiga angka dari zona degradasi.