Ahad , 16 July 2017, 07:53 WIB

Ini Alasan Chelsea Berani Bayar Rp 680 M untuk Bakayoko

Rep: GILANG AKBAR/ Red: Indira Rezkisari
EPA/Sebastien Nogier
Tiemoue Bakayoko
Tiemoue Bakayoko

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea akhirnya bisa mendapatkan Tiemoue Bakayoko dari AS Monaco setelah melalui lobi alot dengan juara Ligue 1 Prancis 2016/2017 itu. Chelsea mendapatkan Bakayoko dengan harga 40 juta pound atau setara (Rp 680 miliar). Gelandang asal Prancis itu pun langsung diperkenalkan oleh Chelsea pada Sabtu (15/7) malam WIB.

Direktur teknik Chelsea Michael Emenalo mengatakan, tak ada keraguan bagi the Blues dalam memboyong gelandang 22 tahun tersebut. Menurutnya, Bakayoko sudah menunjukkan talenta luar biasa yang layak dilirik.

"Bakayoko sudah membuktikan jadi salah satu pemain terbaik di Eropa musim lalu, jadi saya ingin mengucapkan selama datang di Chelsea," kata Emenalo dikutip dari laman resmi klub, Ahad (16/7).

Emenalo mengatakan, mungkin banyak pihak yang ragu dengan langkah Chelsea merekrut pemain dengan usia muda seperti Bakayoko. Namun menurutnya, walau masih muda Bakayoko sudah jadi pemain yang sangat matang.

"Dia sudah jadi seorang juara sejak muda dan musim lalu juga menjalanani perjalanan hebat di Liga Champions (sampai ke babak semifinal). Ini membuat kami tak ragu memboyongnya, kami yakin Bakayoko akan lebih meningkatkan kualitas skuat kami," kata Emenalo.

Bakayoko merupakan pembelian kedua termahal yang pernah Chelsea lakukan. Di posisi pertama, Fernando Torres jadi pembelian paling mahal sepanjang bagi Chelsea ketika memboyong striker asal Spanyol itu dari klub rival Liverpool.

Bakayoko jadi pembelian ketiga Chelsea pada bursa transfer kali ini. Sebelumnya, kampiun Liga Primer Inggris 2016/2017 ini sudah mendatangkan Willy Caballero dan Antonio Ruediger.