Ahad , 16 July 2017, 13:05 WIB

Manchester United Bantai LA Galaxy 5-2

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita
AP Photo/Dave Thompson
Marcus Rashford
Marcus Rashford

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Manchester United memenangkan laga perdana pramusim 2017/2018 ketika menghadapi Los Angeles (LA) Galaxy, Ahad (16/7). Bertanding di Stubhub Center, California, United menang 5-2.

Iblis Merah memainkan seluruh anggota skuat yang mereka miliki, termasuk dua penggawa anyar Victor Lindelof dan Romelu Lukaku. Dua pemain yang dibeli dengan total biaya mencapai 105 juta poundsterling (Rp 1,8 triliun) ini masuk pada babak kedua.

Jalannya laga

United langsung unggul saat laga baru berjalan tiga menit melalui Marcus Rashford. Striker 19 tahun ini mampu memanfaatkan umpan terobosan yang disodorkan Jese Lingard dari sisi kanan pertahanan Galaxy. Umpan terobosan tersebut berawal dari aksi Lingard yang bisa merebut bola dari penguasaan kaki lawan.

Pada menit ke-20, Rashford kembali mencetak gol. Kali ini via umpan terobosan Juan Mata. Gol ini berawal juga dari aksi pemain-pemain United yang mampu efektif menjalankan tekanan ke pemain-pemain Galaxy saat sedang menguasai bola.

Giliran Ander Herrera yang bisa merebut bola untuk kemudian diberikan ke Mata hingga bisa sampai ke kaki Rashford. United memimpin dua gol tanpa balas.

Iblis Merah menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 setelah pada menit ke-26 bisa menambah keunggulan melalui Maroune Fellaini. Gol berawal dari pergerakan gesit Lingard di sayap kiri yang memberikan umpan kepada Fellaini. Gelandang asal Belgia ini berdiri bebas dan langsung menyambar bola dengan kaki kirinya hingga masuk.

Pada babak kedua, kendali laga masih menjadi milik United. Taktik menekan lawan kembali membuahkan hasil. Kali ini pada menit ke-67 sehingga melahirkan gol yang dicetak oleh Henrikh Mkhitaryan. Gol ini bermula dari keberhasilan Mkhitaryan memotong aliran bola lawan di tengah lapangan.

Bola kemudian jatuh ke kaki Anthony Martial. Beberapa meter menggiring mendekati kotak penalti lawan, Martial memberikannya kepada Mkhitaryan. Dengan mudah gelandang asal Armenia itu memasukkan bola dan membawa United unggul 4-0.

Gol terakhir lahir dari kaki Martial pada menit ke-72. Penyerang asal Prancis itu memanfaatkan umpan cut back dari sayap kiri. Sepakannya menghasilkan bola mendatar yang mampu menggetarkan jala gawang lawan.

Setelah unggul telak, United mengendurkan serangan dalam 10 menit terakhir. Keunggulan 5-0 berubah menjadi 5-2 akibat dua gol beruntun yang dibuat winger lawan Giovanni Dos Santos. United pun menutup laga perdana pramusimnya dengan skor 5-2.