Selasa , 18 Juli 2017, 07:39 WIB

Pemain Ini Pecahkan Rekor Transfer Middlesbrough

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Twitter/@BrittOfficials
Britt Assombalonga
Britt Assombalonga

REPUBLIKA.CO.ID, MIDDLESBROUGH -- Klub yang terdegradasi dari Liga Primer Inggris pada musim 2016/2017, Middlesbrough memboyong Britt Assombalonga yang memecahkan rekor transfer mereka. Striker 24 tahun ini dibeli dari Nottingham Forest dengan harga mencapai 14 juta pound atau setara Rp 242 miliar.

Uniknya, pemain yang berposisi sebagai striker ini dibeli oleh Boro dalam keadaan cedera. Assombalonga sedang menjalani pemulihan dari cedera lutut kambuhan yang sudah menimpanya sejak musim 2014/2015 silam.

Meski demikian, itu tidak menghalangi Boro untuk mendapatkan jasa Assombalonga. Pemain kelahiran Zaire ini pun bahagia atas kepindahannya ke stadion Riverside. "Saya tak sabar untuk memulai latihan dengan teman-teman baru saya. Saya punya perasaan yang baik di sini sejak pertama memasukinya," kata Assombalonga kepada laman resmi klub, dikutip Selasa (18/7).

Tak lupa, ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Forest yang saat cedera mau tetap menampungnya. Menurut Assombalonga, klub yang mendatangkannya pada awal musim 2014/2015 itu selalu mendukungnya dalam proses penyembuhan cedera. "Terima kasih karena tetap memberikan saya kesempatan bermain, saya harap Forest mendapatkan musim terbaiknya," kata Assombalonga.

Eks striker Watford ini mengalami cedera lutut pertamanya Februari 2015 silam. Sejak saat itu ia mulai kerap menepi. Namun, ia masih tajam ketika mendapatkan kesempatan dimainkan. Dari 69 laga selama tiga musim di Forest, ia mencetak 30 gol.

Pembelian Assombalonga juga tercatat sebagai termahal kedua sepanjang sejarah klub Divisi Championship. Rekor transfer kompetisi kasta kedua Liga Inggris ini dipegang oleh Ruben Neves. Pemain berposisi gelandang tersebut dibeli Wolverhampton Wanderes dari Porto seharga 15,8 juta pound atau Rp 272 miliar pada awal bulan Juli ini.