Sabtu , 12 Agustus 2017, 06:25 WIB

Wenger: Giroud Melewatkan Kesempatan Meninggalkan Arsenal

Red: Ratna Puspita
AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Olivier Giroud
Olivier Giroud

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Arsene Wenger memuji keputusan Olivier Giroud untuk bertahan di Arsenal musim panas ini setelah striker asal Prancis itu mencetak gol dalam kemenangan dramatis atas Leicester 4-3, Jumat (11/8) waktu setempat atau Sabtu (12/8) dini hari WIB. Arsenal harus bangkit dari ketertinggalan 2-1 dan 3-2 dalam pertandingan pembukaan Premier League yang diakhiri oleh sundulan Giroud pada menit ke-85 di Stadion Emirates.

Wenger membangkucadangkan Giroud dan memilih menurunkan pemain anyarnya, Alexandre Lacazette, yang membuka skor setelah kurang dari dua menit. Wenger mengatakan dia memberi Giroud pilihan untuk pergi ke klub lain musim panas ini untuk mencari waktu bermain yang lebih teratur. Namun, dia sangat senang saat striker tersebut memutuskan untuk tinggal.

"Saya membuka pintu baginya pada suatu tahap (untuk pergi), karena saya tahu penting baginya untuk bermain," kata Wenger dalam konferensi persnya, dilansir dari ESPN FC

Wenger sebenarnya tidak ingin Giroud hengkang kendati dia memberikan opsi itu. Pelatih asal Prancis ini mengatakan Giroud punya posisi penting. Tidak hanya sebagai pemain, di mana dia adalah pemain fantastis, tapi juga dalam tim. 

“Dia punya peran sangat besar dalam skuat ini, dan lega bagi saya bahwa dia memutuskan untuk tinggal,” kata dia. 

Kendati berhasil menang, pertandingan ini menunjukkan kelemahan di area pertahanan Arsenal dengan adnaya tiga gol yang masuk ke gawang. Namun, pertandingan ini juga memperlihatkan semangat tarung the Gunners sejak gelar liga terakhirnya pada 2004, terutama karena Alexis Sanchez belum kembali dari cedera perut yang membuatnya memutuskan tidak tampil pada pertandingan ini.  "Sudah lama sejak kami kualitasnya begitu banyak," kata Wenger. 

Wenger mengatakan timnya tampil baik karena Giroud berada di puncak permainannya. “Ya, kami memiliki kualitas terbaik,” ujar dia. 

Wenger juga tanpa tiga pemain belakang utamanya yakni Laurent Koscielny, Per Mertesacker yang cedera, dan Shkodran Mustafi yang berada di bangku cadangan. Namun, dia mengatakan kesalahan defensif dapat diselesaikan dengan cepat. 

Dia mengatakan dua gol yang masuk ke gawang Arsenal berasal dari tendangan sudut. “Saya merasa gawang kami kebobolan, kami bisa bekerja untuk menyelesaikan itu. Jadi kami kebobolan dua gol dari sudut. Saya merasa bahwa dengan sedikit kerja, kami bisa mengatasi masalah itu,” ujar Wenger. 

Dia juga berdalih bahwa kelemahan lini belakang Arsenal sehingga menciptakan banyak gol pada pertandingan ini yang menjadi alasan Liga Primer Inggris menjadi populer di seluruh dunia. "Bahkan jika orang akan mengatakan kami kebobolan tiga gol tetapi kami juga mencetak empat gol dan permainannya berkualitasm,” kata dia. 

Giroud mengatakan kepada Sky Sports setelah pertandingan bahwa dia dan rekan setimnya tidak pernah ragu untuk bisa kembali mengendalikan permainan. “Jelas saya tahu bahwa saya akan memiliki kesempatan jadi kami mencoba untuk memberikan tekanan. 

Dia menyatakan Arsenal bermain dengan berani hingga akhir pertandingan dan dia bersyukur telah memenangi laga ini. "Itu awal yang bagus, tapi jelas saya ingin berada di lapangan."