Sabtu , 12 August 2017, 08:14 WIB

Aktivitas Transfer MU Buat Mourinho Enggan Menangis

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ratna Puspita
AP Photo/Boris Grdanoski
Jose Mourinho
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.IDMANCHESTER — Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, mengatakan timnya masih bisa menandatangani satu pemain  lagi di bursa transfer musim panas ini. Namun, dia mengaku tidak akan menangis kalau pun mereka tidak mewujudkannya.

Pelatih asal Portugis ini telah menggarisbawahi empat posisi yang ingin diperkuatnya kepada wakil ketua eksekutif Ed Woodward pada awal jendela transfer. Namun, hanya tiga pemain yakni Victor Lindelof, Romelu Lukaku, dan Nemanja Matic, yang telah tiba di Old Trafford.

Kendati demikian, Mourinho menegaskan dia merasa puas denga upaya MU di bursa transfer. Ia juga mengatakan tidak akan memprotes klub, seandainya mereka tidak mendapatkan tambahan sebelum jendela transfer ditutup akhir bulan ini.

"Saya tidak berpikir saya berada dalam posisi menangis, mengeluh, memprotes, saya tidak  dalam posisi untuk mengatakan bahwa saya tidak bahagia," kata Mou, dilansir dari Sky Sports, Sabtu (12/8).

Dalam analisis selama berbulan-bulan sejak awal Januari, mengatakan ia telah memikirkan empat pemain untuk didatangkan di musim panas ini. Kendati demikian, ia mengaku bukan tipe orang yang sulit bekerja meskipun dalam keadaan yang tidak sesuai harapannya. 

Mou mengatakan, ia memahami keadaan di bursa transfer dan klub telah melakukannya dengan baik dengan 75 persen upaya dari apa yang minta. "Saya senang dengan usaha klub, jika 25 persen yang tersisa tidak datang, saya tidak akan mengeluh, saya hanya akan melakukan semua yang harus saya coba untuk memenangkan setiap pertandingan yang saya mainkan," kata dia, menjelaskan.

Mantan pelatih Chelsea ini mengakui, bahwa ia masih tetap berharap bisa mendatangkan pemain yang mampu melebar ke peran lain. Menurutnya, penting untuk mendapatkan bek tengah yang bisa bermain di banyak posisi lain.

"Kami mendapatkan gelandang tengah, seorang striker, jelas 25 persen akan menjadi pemain dari tim, tapi kami memiliki beberapa pemain. Jika kita tidak bisa memperkuat tim di area ini, kami memiliki pemain yang bisa dipercaya," ujarnya.

Mou mengakui, peluang mereka sudah habis untuk mendapatkan Gareth Bale dari Real Madrid. Mou memastikan Iblis Merah sedang dalam pembicaraan untuk kembali mengikat striker Zlatan Ibrahimovic. 

Pemain berstatus bebas transfer itu telah mencetak 28 gol untuk MU di musim lalu. Namun, pemain berusia 35 tahun itu sedang berjuang untuk kembali bugar, setelah mengalami cedera ligamen lutut pada April lalu. 

Namun demikian, Mou mengatakan MU tidak terburu-buru untuk menyelesaikan kesepakatan. "Ini tidak mendesak, tidak putus asa untuk melakukannya atau tidak. Saya hanya berpikir dia sangat jelas menunjukkan apa yang dia lakukan tahun lalu  tidak cukup baginya. Dia berpikir dia bisa berbuat lebih  banyak di tingkat tertinggi sepak bola," ujarnya. 

Karena itu, dia mengatakna, mereka melakukan percakapan dan mendiskusikan kemungkinan dia bertahan pada periode kedua di Old Trafford.