Sabtu , 12 August 2017, 22:41 WIB

MU Jadi Favorit pada Laga Kontra West Ham

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Georgi Licovski/EPA
Tim Manchester United UEFA Super Cup
Tim Manchester United UEFA Super Cup

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam pembukaan Liga Primer melawan West Ham, Ahad (13/8). pelatih Jose Mourinho sepertinya akan memberi kesempatan dua rekrutan baru, Romelu Lukaku dan Nemanja Matic. Sementara itu Luke Shaw, Marcos Roko dan Ashley Young harus absen karena cedera. "Semua orang bisa dimainkan kecuali yang cedera semua orang tahu," kata Mourinho seperti dilansir dari situs resmi Manchester United, Sabtu (12/8).

Manchester United menjadi tim favorit dalam pertandingan ini. Pada musim lalu United tidak pernah kalah dari West Ham. United menahan West Ham 1-1 pada November tahun lalu. Saat itu Zlatan Ibrahimovic mencetak gol yang membuat kesempatan West Ham menang terhenti.

Tiga hari kemudian Ibrahimovic dan Anthony Martial mencetak dua gol ke gawang West Ham di Piala EFL yang dimenangkan United 4-1. Gol Juan Matan dan Ibrahimovic memberi United kemenangan 2-0 saat mereka bertandang ke markas West Ham.

Sementara itu, West Ham kesulitan pada musim lalu. Mereka juga kalah di 10 pertandingan pertama mereka. Di sisi lain Jose Mourinho tidak pernah kalah dikandang di pertandingan hari Minggu sepanjang kariernya. Ia mencatatkan 86 kali kemenangan dan 26 seri di 112 pertandingan di semua kompetisi.

Manchester United juga hanya kalah satu kali di 13 pertandingan pembukaan Liga Primer mereka di Old Trafford. Mereka telah sembilan kali menang dan tiga kali seri. United hanya satu kali kalah dari Swansea City pada tahun 2014.

Manchester United juga memenangkan 17 dari 21 pertandingan kandang mereka saat melawan West Ham. Mereka hanya kalah dua kali dan seri dua kali. Sementara itu sudah 10 tahun West Ham tidak pernah menang di Old Trafford.

West Ham juga harus mengantisipasi pergerakan Romelu Lukaku. Ia sudah mencetak tujuh gol dari delapan pertandingan melawan West Ham. Ia juga memberikan empat assist saat melawan West Ham ketika masih di Everton. Tidak diragukan lagi Lukaku dapat menambah koleksi golnya ke gawang West Ham di debutnya bersama United.

Sementara itu, Manchester United harus berhati-hati dengan mantan pemainnya Javier Hernandez. Pemain asal Mesiko ini mencetak 59 gol dari 157 penampilan bersama United di selama lima musim. Ia pindah ke West Ham dengan nilai tranfer 16 juta poundsterling pada akhir bulan lalu setelah dua tahun bermain untuk Bayer Leverkusen.

Di konferensi pers prapertandingan Chicharito mengatakan ia tidak akan melakukan selebrasi jika bisa mencetak gol ke gawang United. "Ini klub lama saya, dengan fans dan stadion lama saya, jadi mungkin saya tidak bisa selebrasi," katanya.