Ahad , 13 August 2017, 03:10 WIB

Jurgen Klopp: Pertahanan Bola Mati Kami Cukup Baik

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Ratna Puspita
Andrew Couldridge/Reuters
Striker Liverpool Mohamed Salah (kanan) merayakan gol ketiga Liverpool disaksikan  Sadio Mane (kiri) pada pertandingan Liga Inggris antara Watford dan Liverpool di Watford, Inggirs, Sabtu (12/8)
Striker Liverpool Mohamed Salah (kanan) merayakan gol ketiga Liverpool disaksikan Sadio Mane (kiri) pada pertandingan Liga Inggris antara Watford dan Liverpool di Watford, Inggirs, Sabtu (12/8)

REPUBLIKA.CO.ID, WATFORD -- Liverpool meraih hasil imbang 3-3 ketika menghadapi Watford pada laga pembuka Liga Primer musim ini, Sabtu (12/8). Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan pertahanan timnya cukup bagus. Tapi, ia mengakui skuatnya harus memperbaiki diri setelah kebobolan dua gol dari tendangan pojok. 

Di menit kedelapan, Liverpool kebobolan saat Stefano Okaka berhasil memanfaatkan tendangan sudut. Di waktu tambahan, Liverpool kembali kebobolan lewat tendangan sudut ketika Miguel Angel Britos Cabrera mendapatkan bola rebound di mulut gawang. 

"Kami punya masalah di situasi bola mati tapi tentu kami bertahan dan menghalau sebagian besar (situasi bola mati) dengan baik," katanya Klopp dalam konferensi pers paskapertandingan seperti dilansir dari ESPN, Ahad (13/8).

Menurut Klopp, Watford pun sebenarnya punya masalah yang sama. Tapi pada pertandingan kali ini mereka lebih beruntung.  

Klopp mencontohkan bagaimana Watford mengantisipasi bola mati dengan keberuntungan. Pada menit ke-65 sundulan Joel Matip membentur mistar gawang. Begitu juga dengan sundulan Dejan Lovren pada menit-70 yang dihalau tak sempurna oleh penjaga gawang Heurelho Gomes. 

"Apakah dengan demikian mereka tidak memiliki masalah menghadapi bola mati dan kami iya? Saya tidak yakin," katanya. 

Pada laga di Stadion Vicarage Road itu, tuan rumah mencuri gol cepat saat laga baru berjalan delapan menit melalui Okaka. Gol penyama kedudukan the Reds terjadi pada menit ke-29 melalui tendangan Sadio Mane. 

Tiga menit berselang jala tim tamu robek oleh tendangan jarak dekat Abdoulaye Doucoure. Skor 2-1 untuk the Hornets bertahan hingga turun minum. Pada menit ke-54, the Reds mampu menyamakan kedudukan melalui titik putih setelah penjaga gawang Watford Heurelho Gomes melanggar Mohamed Salah di kotak terlarang. 

Wasit lantas menunjuk titik putih. Penyerang the Kop, Roberto Firmino yang menjadi eksekutor sukses mempedaya Gomes. Dua menit berselang, giliran Firmino menjadi kreator gol the Kop yang dilesakkan Salah. 

Laga sepertinya menjadi milik Liverpool. Namun pada akhirnya Watford mampu menyamakan kedudukan pada injury time. lewat Miguel Britos.