Ahad , 13 Agustus 2017, 06:10 WIB

Pep: City Harus Perbaiki Daya Serang Kalau Mau Juara

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Ratna Puspita
EPA/GERRY PENNY
Sergio Aguero mencetak gol perdana Manchester City musim ini ketika menghadapi tim promosi Brighton. City menang 2-0 pada laga yang digelar di Stadion Amex, Brighton, Ahad (13/8) dini hari WIB.
Sergio Aguero mencetak gol perdana Manchester City musim ini ketika menghadapi tim promosi Brighton. City menang 2-0 pada laga yang digelar di Stadion Amex, Brighton, Ahad (13/8) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BRIGHTON — Pep Guardiola lega Manchester City tidak mengalami nasib yang sama dengan Chelsea dalam laga pembuka Liga Primer musim in, Sabtu (12/8). Tapi, ia mengatakan Manchester City harus memperbaiki serangan mereka jika ingin meraih gelar musim 2017/2018. 

City menang 2-0 atas Brighton pada laga pembuka Liga Primer di Stadion Falmer, Brighton. Tapi, mereka sempat kesulitan pada 70 menit pertandingan, sampai akhirnya Sergio Aguero mencetak gol. Berselang lima menit, Gol bunuh diri Lewis Dunk menggandakan keunggulan the Citizens. 

”Sebelum Sergio mencetak gol kami punya beberapa peluang di babak pertama dan babak kedua dan dalam pertandingan seperti ini ketika tim lawan bertahan dengan 10 pemain, sangat penting mencetak gol pertama," kata Guardiola seperti dilansir dari ESPN, Ahad (13/8). 

Guardiola mengatakan setelah gol pertama, pertandingan menjadi sedikit lebih mudah. Namun, dia menyatakan, pertandingan pembuka memang selalu menghadirkan tantangan. “Kita melihatnya di banyak pertandingan lainnya,” kata dia. 

Pelatih asal Spanyol ini menyebut kesulitan yang dialami City yakni menghadapi tim promosi yang memiliki keinginan besar untuk menang. “Mereka punya semangat, penggemar, dan tanpa tekanan. Itu sangat sulit tapi kami berhasil melakukannya,” kata dia. 

Guardiola puas dengan timnya yang bermain cukup stabil dengan hanya satu kali mendapatkan tendangan ke arah gawang dan satu tendangan sudut. “Setelah itu, tidak ada yang terjadi. Tapi, kami harus meningkatkan permainan,” kata dia. 

Ia menambahkan timnya menyerang dengan sangat lambat. Karena itu, dia menuturkan, pada pertandingan berikutnya City harus sedikit lebih cepat dan lebih tepat dengan akurasi operan yang lebih baik lagi. 

“Hari ini, pertahanan kami sangat sempurna dan di area pertahanan lawan kami mencetak dua gol tapi kami menciptakan banyak peluang. Semoga pada pertandingan berikutnya, kami bisa lebih akurat,” kata dia. 

Guardiola menggunakan tiga pemain belakang. Dengan formasi ini, City mendominasi pertandingan dengan 78 persen penguasaan bola. Guardiola juga senang dengan kontrol bola yang dilakukan pemain-pemainnya. 

Ia juga memuji anak asuhnya yang bekerja keras untuk meraih tiga poin dipertandingan ini. “Pemain kami lebih sering berlari. Itu adalah tuntutan saya kepada para pemain.”