Ahad , 13 August 2017, 21:40 WIB

Tottenham Bungkam 10 Pemain Newcastle

Red: Israr Itah
EPA/PETER POWELL
Dele Alli saat menjebol gawang Newcastle United.
Dele Alli saat menjebol gawang Newcastle United.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Tottenham Hotspur berhasil mengamankan tiga angka pada pertandingan pembuka Liga Primer Inggris musim 2017/2018. Runner-up musim lalu itu menaklukkan tuan rumah Newcastle United 2-0 di St James Park, Ahad (13/8).

Dua gol Tottenham tercipta pada babak kedua. Dele Alli menjebol gawang Robert Eliot pada menit ke-61. Benjamin Davies kemudian memperbesar skor sembilan menit berselang.

Sejatinya Newcastle berhasil meladeni Tottenham pada babak pertama. Walaupun ditekan dengan permain bola dari kaki ke kaki yang diperagakan para pemain Tottenham, the Toon Army mampu mengisolasi penyerang Harry Kane di depan. Alhasil, tak banyak tercipta peluang bagi Kane untuk menjebol gawang tuan rumah.

Newcastle sesekali juga merepotkan Tottenham dengan serangan balik dari kedua sayap. Bahkan pada menit ke-16 Newcastle bisa saja mendapatkan penalti saat Dwight Gayle dijegal Kye Walker di kotak penalti. Beruntung hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Petaka hadir bagi Newcastle pada babak kedua. Jonjo Shelvey dikartu merah wasit ANdre Marriner pada menit ke-48 karena menginjak engkel Delle Ali. Padahal insiden ini terjadi saat bola mati dan tak ada bahaya apapun ke gawang Newcastle.

Bermain dengan 10 orang membuat pertahanan Newcastle memiliki celah untuk ditembus. The Lilywhites dengan cerdik memanfaatkannya dengan permainan kaki ke kaki.

Alli memaksimalkan umpan lambung Christian Eriksen dari luar kotak penalti dengan tendangan silang sambil menjatuhkan badan. Ia tak terjaga dengan maksimal setelah menyelinap dari lini kedua.

Gol kedua juga tercipta dengan proses hampir mirip. Kali ini, giliran Davies yang masuk dari lini kedua. Ia menyambar bola operan Eriksen dengan tendangan mendatar untuk kembali menaklukkan Elliot.

Unggul 2-0 membuat Tottenham bermain dengan nyaman. Meskipun 10 pemain Newcastle mampu menguasai lebih banyak bola pada babak kedua, namun tak banyak ancaman yang muncul di depan gawang Hugo Lloris.