Senin , 14 August 2017, 00:01 WIB

Lukaku Gemilang, United Gilas West Ham 4-0

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Jason Caindruff/Reuters
Striker Manchester United Romelu Lukaku merayakan golnya ke gawang Westham United di Stadion Old Trafford, Manchester, Ahad (13/8)
Striker Manchester United Romelu Lukaku merayakan golnya ke gawang Westham United di Stadion Old Trafford, Manchester, Ahad (13/8)

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER--Romelu Lukaku mampu membuktikan kualitasnya sebagai striker yang tepat untuk mengisi posisi ujung tombak di Manchester United. Pada laga perdananya di Liga Primer Inggris di Old Trafford, Ahad (13/8) malam WIB, Lukaku membantu timnya mengalahkan West Ham United dengan skor 4-0

Lukaku punya andil besar dengan mencetak dua gol pada laga tersebut. Sedangkan dua gol lainnya dibuat oleh Anthony Martial dan Paul Pogba.

Jalannya laga

United bermain impresif sejak menit pertama. Namun, gol baru muncul pada menit ke-33. Bomber anyar Iblis Merah Romelu Lukaku mencatatkan namanya sebagai pencetak gol.

Dengan formasi 4-2-3-1, pelatih United Jose Mourinho memainkan dua pemain baru yang didapat pada bursa transfer musim panas Eropa tahun ini. Selain Lukaku, nama lainnya adalah Nemanja Matic. Hanya Victor Lindelof yang tidak Mourinho mainkan.

Hasilnya cukup memuaskan, duet Paul Pogba dan Matic di posisi dua pemain di depan bek bisa menopang trio gelandang serang Juan Mata, Henrik Mkhitaryan dan Marcus Rashford yang bertugas melayani Lukaku.

Meski serangan dilakukan bertubi-tubi, United belum bisa menjebol gawang West Ham. Dengan formasi serupa, the Hammers bisa mengimbangi permainan tuan rumah.

Namun, United akhirnya bisa membuat gol lewat proses serangan balik cepat. Diawali dengan direbutnya bola serangan West Ham di lini tengah, si kulit bundar berpindah ke kaki Rashford dengan cepat.

Pemain yang berposisi di sayap kiri ini terus merangsek ke depan kotak penalti lawan. Ia lalu melepas umpan terobosan yang langsung dikejar oleh Lukaku.

Mendapat ruang tembak, Lukaku langsung melepaskan tendangan dengan kaki kiri. Bola sempat membentur tiang sebelum kemudian masuk ke gawang West Ham. Usai gol tersebut, United kian nyaman mengendalikan laga. Peluang demi peluang lahir, sayang, gol tak kembali tercipta sehingga mengakhiri babak pertama dengan skor 1-0 untuk tuan rumah.

Pada babak kedua, United mampu mempertahankan ritme permainan. Hasilnya langsung terlihat tujuh menit setelah peluit babak kedua dibunyikan.

Lukaku lagi-lagi menuliskan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan lambung dari tendangan bebas Mkhitaryan, Lukaku sukses menyundul bola. Joe Hart yang bertugas di bawah mistar gawang West Ham tak berdaya untuk menahan tandukan Lukaku.

United nyaris menambah gol ketiga pada menit ke-72. Sebuah peluang emas didapatkan Daley Blind di dalam kotak penalti West Ham. Berawal dari umpan silang melambung dari Antonio Valencia, bola mengarah kepada Blind yang berdiri bebas. Sayang, hasil tembakan bek kiri asal Belanda ini cuma menyerempet mistar gawang West Ham.

United menambah keunggulan pada tiga menit terakhir jelang berakhirnya laga. Martial menambah skor United menjadi 3-0 pada menit ke-87. Mendapat umpan dari Mkhitaryan, Martial bisa merangsek ke dalam kotak penalti lawan. Dengan tenang, ia melepas tembakan menyusur tanah tanpa bisa dihentikan oleh Hart.

Pada menit ke-90, Pogba ikut melengkapi kemenangan United menjadi 4-0. Mkhitaryan yang menggiring bola dari lini tengah memberikan umpan kepada Pogba yang berlari di depan kotak penalti lawan. Tanpa membawa bola ke kotak 16, Pogba langsung menghajar si kulit bundar yang menghujam gawang West Ham. Lagi-lagi, Hart tak berdaya.

United pun menutup laga perdana di Liga Primer Inggris musim ini dengan hasil sempurna. Atas kemenangan 4-0 tersebut, United memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris 2017/2018.