Selasa , 15 August 2017, 11:59 WIB

Liga Primer Siap Ubah Waktu Transfer untuk Lindungi Klub

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Reuters/Eddie Keogh
Virgil van Dijk
Virgil van Dijk

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Primer Inggris berencana untuk melakukan perubahan waktu penutupan bursa transfer musim panas pada musim 2018/2019. Surat kabar Inggris mengabarkan, musim depan kasta tertinggi sepak bola di Inggris tersebut kemungkinan akan menutup bursa transfer musim panas sebelum liga dimulai.

Saat ini, jendela transfer ditutup pada 31 Agustus 2017 dimana kompetisi liga sudah dimulai lebih dari dua pekan. Menurut laporan yang dikutip ESPN, perwakilan 20 klub liga primer akan mengadakan pertemuan antara pemegang saham klub pada bulan depan untuk membahas hal tersebut.

The Times memberitakan bahwa sebagian besar klub liga primer menyetujui rencana perubahan tersebut. Bahkan menurut Telegraph tindakan tersebut sudah sampai tingkat persetujuan dari 14 klub dengan Watford menjadi salah satu dari sedikit klub yang tidak menyetujui perubahan tersebut.

Rencana perubahan penutupan jendela transfer ini menguat setelah adanya sejumlah transfer yang berlarut-larut sampai mengganggu jalannya kompetisi. Termasuk didalamnya yang melibatkan pemain bertahan Southampton, Virgil van Dijk dan gelandang Swansea, Gylfi Sigurdsson.

Van Dijk tidak tampil saat Soton bermain imbang tanpa gol melawan Swansea pada pekan lalu di tengah kabar transfer yang melibatkan dirinyha dengan Chelsea, Liverpool dan Manchester City.

Selain itu Sigurdsson yang dikabarkan tengah dalam pendekatan klub Everton sampai saat ini statusnya masih belum jelas. Padahal pelatih Swansea, Paul Clement pada Juli lalu menyebut saga transfer Sigurdsson tidak akan berlarut-larut. 

Sigurdsson yang musim lalu berhasil mencetak sembilan gol dan 13 assist, sampai saat ini belum pernah bermain sekalipun bersama the Swans sejak pertandingan pramusim pertama mereka di Barnet pada 12 Juli lalu.

"Pada pertemuan manajer kami di Liga Primer Inggris pekan lalu kami membicarannya (perubahan jendela transfer). Mayoritas klub mendukung, namun semua harus menyetujuinya hal tersebut bisa saja terjadi pada tahun depan" ujar pelatih Swansea, Paul Clement menanggapi wacana perubahan jadwal penutupan jendela transfer.

Di kubu lain, pelatih kepala Liverpool, Juergen Klopp tampaknya memberikan dukungannya terhadap perubahan penutupan jendela transfer musim depan. Hal itu disampaikannya pada sebuah konferensi pers menjelang pertandingan babak play-off Liga Champions melawan Hoffenheim.

"Jika jendela transfer ditutup sejak dini ini akan membantu kami musim ini. Sangat masuk akal jika musim sudah di mulai maka pembenahan skuat pun sudah berakhir," ujar Klopp seperti dilansir ESPN.

Sebelum pekan pertama Liga Primer Inggris dimulai, Klopp dipusingkan dengan pendekatan Barcelona terhadap pemain andalannya Philipe Coutinho. gelandang asal Brasil itu sudah menandatangani kontrak baru selama lima tahun namun ia meminta pihak the Reds untuk menjualnya ke Barca sebagai suksesor Neymar yang hijrah ke PSG.