Sabtu , 19 August 2017, 10:44 WIB

Serangan Terbaru Diego Costa untuk Chelsea

Red: Ratna Puspita
EPA/PETER POWELL
Diego Costa
Diego Costa

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Diego Costa kembali melancarkan serangan kepada klubnya, Chelsea. Penyerang tim nasional Spanyol itu menyatakan the Blues membanderolnya terlalu mahal sehingga berpotensi membuyarkan mimpinya kembali ke Atletico Madrid pada pasar transfer musim panas ini. 

Costa telah berulang kali berbicara tentang keinginannya untuk kembali ke Atleti musim panas ini setelah diberitahu oleh Pelatih Blues Antonio Conte bahwa dia tidak memiliki masa depan di Stamford Bridge. Costa juga belum kembali berlatih. 

Menurut Costa, dalam sebuah wawancara dengan wartawan ESPN Brazil Joao Castelo-Branco, dia sudah berulang kali menunjukkan kepedulian terhadap Atletico dan tertarik untuk pulang. Namun, dia mengatakan, jika Atletico dan Chelsea tidak mencapai kesepakatan maka peluang untuk kembali ke klub yang pernah dia bela pada 2010-2014 akan buyar. 

Apalagi, Costa menambahkan, kalau Atletico tidak melakukan upaya besar untuk memulangkannya. Jika dua hal itu yang terjadi maka Costa mengaku tidak bisa terus menginginkan bermain untuk klub yang tidak akan berusaha lebih keras untuk mencoba mendapatkannya. 

“Saya tahu ini (usaha besar) bisa diwujudkan, tetapi jika ini berarti harus membayar jumlah besar kepada Chelsea maka hal itu menjadi tidak mungkin dilakukan,” kata dia dilansir dari Football Espana, Sabtu (19/8). 

Costa mengatakan dia tidak mengetahui harga yang ditetapkan oleh Chelsea. Dia menambahkan agennnya mengatakan Chelsea menginginkan harga yang tidak dapat dijangkau Atletico. 

“Yang saya tahu, harga yang ditetapkan Chelsea ini lebih besar dari yang mereka bayar (ketika mendatangkan Costa pada Juli 2014). Jadi, saya telah memberi mereka sesuatu yang masuk akal dalam hal olahraga dan keuangan,” kata dia 

Penyerang berusia 28 tahun itu menceritakan bahwa dia mengetahui hal tersebut karena agennya memang mencari tahu kemungkinan dia kembali ke Atleti. "Ketika kami mendengar bahwa Conte tidak menginginkan saya lagi, agen saya pergi untuk mencari tahu apakah ada ketertarikan dari Atletico agar saya kembali,” kata dia. 

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan sang agen, Costa pun memahami bahwa Atletico akan menerimanya. Tapi, mereka tidak akan membayar banyak uang. Atletico merupakan tim yang tumbuh setiap tahun, tim besar, tapi mereka tidak bisa membayar jumlah yang luar biasa.

"Chelsea telah menawari saya ke beberapa klub, tapi saya sudah memberikan pernyataan jelas kepada mereka,” kata dia. 

Costa menegaskan kalau dia bukan lagi bagian dari rencana skuat Conte, dia yang memutuskan klub tujuannya. “Saya tidak akan membiarkan mereka memutuskan hanya untuk mendapatkan lebih banyak uang,” kata dia. 

Dia pun menyatakan The Blues membayar lebih murah daripada harga yang ditawarkan Atletico tiga tahun lalu. “Saya pikir mereka harus memperhitungkan semua yang telah saya lakukan. Bukan salah saya kalau saya tidak di klub. Jika itu tergantung pada saya maka saya akan bermain,” kata dia. 

Costa mengatakan dia sebenarnya sudah ingin kembali berlatih. Costa sudah berlibur selama lebih dari satu bulan. Liburan itu berjalan menyenangkan. “Tapi, akan melelahkan,” kata dia. 

Menurut Costa, dia tidak sedang memanaskan suasana dengan terus berkomentar di media. Namun, hal ini perlu diselesaikan lewat dua cara. “Tentu saja Chelsea perlu mengembalikan sesuatu (dalam pengertian olahraga), seperti yang saya berikan pada mereka di lapangan, mereka juga perlu mendapatkan sesuatu dari keuangan. Setelah tiga tahun mereka akan menerima bayaran lebih tinggi dari yang mereka bayarkan.”