Kamis , 24 August 2017, 13:47 WIB

Pensiun Bela Inggris, Rooney akan Bicara dengan Southgate

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Reuters/Carl Recine
Wayne Rooney (kiri) bersama pelatih timnas Inggris Gareth Southgate dalam konferensi pers.
Wayne Rooney (kiri) bersama pelatih timnas Inggris Gareth Southgate dalam konferensi pers.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pemain Everton Wayne Rooney secara mengejutkan memutuskan pensiun dari kancah sepak bola internasiona membela The Three Lions Inggris. Rooney merasa sudah tiba waktu bagi dirinya fokus ke klub menjelang gantung sepatu.

"Setiap kali saya dipanggil membela negara saya adalah hal yang membanggakan. Tapi saya percaya sekarang waktu yang tepat buat keluar," kata Rooney, dikutip dari BBC, Kamis (24/8).

Sebenarnya harapan Rooney kembali lagi ke Inggris terbuka lebar.Southgate terkesan dengan permainan Rooney sejak kembali ke klub lamanya Everton. Pemain 32 tahun itu mencetak dua gol di dua laga pembuka Liga Primer Inggris.

"Saya akan bicara dengannya (Southgate) dalam beberapa hari ke depan. Kita lihat saja apa yang terjadi di depan," ujar Rooney.

Rooney tak lagi membela Inggris sejak terakhir kali pada November 2016 lalu melawan Skotlandia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018. Sejak saat itu Rooney tak pernah lagi dipanggil pelatih Gareth Southgate karena sering jadi cadangan di Manchester United era Jose Mourinho.

Walau berbulan-bulan tak pernah lagi memperkuat negaranya, Rooney merupakan legenda yang tak dapat dibantahkan. Rooney berstatus sebagai pencetak gol terbanyak bagi Inggris dengan catatan 53 gol dalam 119 laga.