Rabu , 13 September 2017, 08:10 WIB

Crystal Palace Umumkan Angkat Roy Hodgson Sebagai Pelatih

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
REUTERS/Andrew Couldridge
Roy Hodgson
Roy Hodgson

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Crystal Palace mengumumkan bahwa mereka telah menunjuk Roy Hodgson sebagai pelatih baru. Hodgson diangkat dengan kontrak dua tahun. Hodgson kabarnya akan membawa Ray Lewington sebagai asistennya ke Palace.

Pengumuman Hodgson hanya 24 jam setelah Palace memecat pelatih sebelumnya Frank de Boer. Pelatih asal Belanda itu didepak setelah hanya 77 hari melatih the Eagles. 

Hodgson kini ditugasi untuk mengubah serangkaian hasil buruk the Eagles, setelah menelan empat kekalahan dalam empat laga pembuka di Liga Primer dan tanpa mencetak satu pun gol. Hodgson telah absen dari manajemen sejak ia mengundurkan diri sebagai pelatih timnas Inggris usai tersingkir dari Piala Eropa 2016.

Pelatih berusia 70 tahun ini mengatakan, ia senang bisa kembali berkiprah di klub sepak bola. Hodgson mengatakan, Palace adalah klub masa kecilnya. Ia mengenang kembali masa mudanya saat ia kerap menyaksikan penampilan Palace dari teras rumahnya di Holmesdale Road. Saat itu, ia mengaku bermain untuk tim. Kini, ia diembankan tugas untuk melatih the Eagles.

"Kami klub London selatan, dengan basis penggemar yang sangat besar. Ambisi di sini realistis dan ada potensi pertumbuhan yang sangat besar. Saya harap kami dapat mencapai tujuan kami," kata Hodgson, dilansir dari Sky Sports, Rabu (13/9).

Palace menyatakan, Hodgson akan mengikuti sesi pelatihan tim pertama pada Rabu (13/9) waktu setempat.

Hodgson telah absen dari klub sepak bola sejak 2012, saat ia melatih West Brom. Ia ditunjuk oleh the Baggies pada Februari 2011, setelah dirinya didepak dari masa singkat di Liverpool sebulan sebelumnya.

Hodgson telah melatih 16 klub. Ia memulai kariernya di Swedia, di mana dia memenangkan lima gelar Swedia dengan Malmo FF. Sebelum akhirnya mereka mencapai final Piala UEFA dengan Inter Milan pada 1997. Di Inggris, Hodgson tercatat pernah melatih Bristol City, Blackburn Rovers dan Fulham.