Jumat , 13 October 2017, 00:13 WIB

Statistik Head to Head: Klopp Ungguli Mourinho

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/YURI KOCHETKOV
Juergen Klopp
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Derby West England yang mempertemukan Liverpool dengan Manchester United akan digelar di Stadion Anfield, Sabtu (14/10) malam WIB. Pada laga tersebut, dua pelatih elite, yakni Jurgen Klopp di kubu Liverpool dan Jose Mourinho di United, akan beradu taktik.

Bukan pertama kalinya Klopp dan Mourinho pamer kejeniusan bersama di atas lapangan. Bahkan sebelum keduanya sama-sama berkarier di Liga Primer Inggris, Klopp dan Mourinho sudah pernah bertarung.

Dikutip dari Sky Sports, Kamis (12/10), keduanya total bertemu sebanyak tujuh kali. Meski nama Mourinho lebih harum dengan segudang prestasinya, ternyata statistik pertarungnnya melawan Klopp tidak terlalu berkilau. Justru menurut statistik, Klopp lebih unggul dibanding Mourinho.

Klopp memenangkan tiga laga melawan Mourinho. Dua kemenangan diraih Klopp ketika melatih Borussia Dortmund dan sisanya saat sudah di Liverpool.

Mourinho hanya sekali mencicipi kemenangan atas pelatih asal Jerman itu. Yakni ketika masih melatih Real Madrid. Sisanya, tiga laga berakhir dengan seri.

Melihat statistik tersebut, legenda timnas Inggris Alan Shearer justru yakin Mourinho akan memperbaiki rekor buruknya atas Klopp pada laga di Anfield nanti. Menurut Shearer, saat ini kondisi United sedang jauh superior dibanding Liverpool.

Mencetak 21 gol dan cuma kemasukan dua gol, Iblis Merah sukses mengumpulkan 19 angka untuk duduk di peringkat kedua klasemen sementara. Liverpool yang kerap diklaim sebagai tim yang sangat menyerang malah baru membuat 13 gol. 

Jumlah kemasukan the Reds mencapai 12 sehingga turut memengaruhi posisi mereka di klasemen. Saat ini, Liverpool duduk di peringkat ketujuh dengan 12 angka. "Jelas sekali Liverpool tidak bisa bertahan. Ini hal yang jauh berbeda dengan United. Mourinho tahu benar bagaimana cara membuat timnya menang," ujar Shearer, dikutip Kamis.