Sabtu , 16 September 2017, 18:46 WIB

Wenger Siapkan Tiga Bek Ini untuk Halau Serangan Chelsea

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita
EPA/FACUNDO ARRIZABALAGA
Shkodran Mustafi
Shkodran Mustafi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Arsene Wenger yakin tiga pemain belakangnya yakni Shkodran Mustafi, Laurent Koscielny, dan Nacho Monreal, akan menjadi kunci Arsenal meningkatkan permainan musim ini. Juru taktik asal Prancis itu melontarkan pernyataan tersebut ketika menyiapkan skuat asuhannya menghadapi Chelsea pada lanjutan Liga Primer di Stamford Bridge, Ahad (17/9) besok malam. 

Wenger diperkirakan bakal mempertahankan skema 3-4-3 yang sudah diterapkan sepanjang musim ini. Wenger telah menggunakan empat kombinasi tiga pemain belakang yang berbeda sejauh ini. Dua pemain lainnya yang mengisi zona pertahanan Arsenal yakni Rob Holding, dan Sead Kolasinac. 

Namun, memasuki pekan kelima Liga Primer, Wenger sepertinya sudah menetapkan pemain yang diandalkan untuk menjaga area lini belakang setelah meraih kemenangan 3-0 atas Bournemouth, Sabtu (9/9) pekan lalu. 

Dia meyakini kombinasi Koscielny-Mustafi-Monreal terlihat seimbang. Dia mengatakan Mustafi memiliki kemampuan membaca pertandingan dengan baik, dan tangguh ketika menghalau bola. 

“Dia juga suka berbicara juga. Ketiga hal itu merupakan kualitas yang sangat penting di lapangan,” kata Wenger dilansir dari Metro, Sabtu (16/9). 

Mustafi yang berperan sebagai bek tengah akan ditemani oleh Koscielny dan Monreal. “Di kedua sisi Mustafi, kami punya Koscielny dan Monreal yang sangat cepat sehingga itu akan membuat tim menjadi lebih seimbang,” ujar dia. 

Musim ini, the Gunners masih jauh dari kata meyakinkan dengan dua kekalahan yang mereka dapat dari Stoke City dan Liverpool. London Merah juga punya rekor buruk saat berkunjung ke markas Chelsea. 

Sebab, Meriam London belum pernah di kandang sang rival London sejak Oktober 2011. Saat itu, Robin van Persie berhasil mencetak hattrick dalam pertandingan yang berakhir 5-3 bagi keunggulan Arsenal.

Meski demikian, Wenger tak ingin memikirkan rekor buruk tersebut dan lebih senang membahas kemenangan terakhir Arsenal di Piala FA dan Community Shield atas tim asuhan Antonio Conte.

"Pada dasarnya, dalam beberapa tahun terakhir, Chelsea selalu memiliki tim hebat. Selalu sulit menang di Stamford Bridge, tapi rekor kami melawan Chelsea baru-baru ini bagus. Kami memenangkan final FA Cup, kami menang adu penalti di Charity Shield, jadi mari kita terus fokus pada kualitas permainan kami dan tidak memikirkan tempat kami bermain," kata Wenger dikutip laman resmi klub.

Arsenal juga punya modal positif setelah meraih kemenangan atas Bournemouth di Emirates dan terbaru kemenangan atas FC Koln di Liga Europa setelah sempat tertinggal lebih dahulu.