Jumat , 13 Oktober 2017, 16:42 WIB

Sir Alex Hadiri Acara Kehormatan untuk Dalglish di Anfield

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
AP/Kin Cheung
Kenny Dalglish
Kenny Dalglish

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Lawan di lapangan, kawan di kehidupan. Begitu kiranya kalimat yang tepat untuk menggambarkan relasi antara Sir Alex Ferguson dan Kenny Dalglish. Keduanya merupakan legenda.

Sir Alex dikenal sebagai pelatih terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki Manchester United. Sedangkan, Dalglish adalah pahlawan besar bagi Liverpool, baik saat bermain maupun melatih.

Di lapangan, Sir Alex dan Dalglish kerap terlibat gesekan. Tapi di luar, kedua pria Skotlandia ini punya hubungan saling menghormati. Walau jadi ikon bagi dua tim yang punya sejarah perselisihan panjang, Sir Alex dan Dalglish tak pernah terikat masalah.

Bukti pertemanan keduanya ditunjukkan jelang acara seremoni peresmian tribun 'Kenny Dalglish' di Stadion Anfield yang akan digelar Jumat (13/10) malam waktu setempat. Pada kegiatan yang didedikasikan oleh manajemen Liverpool untuk menghormarti jasa Dalglish tersebut, Sir Alex telah dipastikan akan memenuhi undangan.

Sir Alex dan legenda United, Sir Bobby Charlton akan berada di tengah-tengah keluarga, mantan rekan setim, serta teman-teman Dalglish. Sikap Sir Alex ini sangat membuat Dalglish merasa terhormat. "Aksinya lebih dari sekadar kata-kata. Saya senang Sir Alex dan Sir Bobby datang," kata Dalglish dikutip dari Liverpool Echo, Jumat.

Sosok yang memberikan kejayaan bagi Liverpool di akhir 1970-an sampai akhir 1980-an ini mengatakan, sikap Sir Alex dan Sir Bobby menunjukkan sebuah profesionalisme tinggi. Ia mengakui, di lapangan, khususnya Sir Alex yang satu era dengannya adalah musuh. Tapi di luar pekerjaan, Dalglish tak pernah punya masalah.

Menurut Dalglish, Sir Alex dan Sir Bobby sama sepertinya. Yakni, orang-orang yang hanya ingin memberikan hal terbaik bagi klub tercinta.

Maka tak heran, friksi di lapangan sering terjadi karena masing-masing punya tujuan. Namun, hal tersebut menurut Dalglish justru membuat mereka selalu saling menghormati.

"Tak ada yang salah dengan sikap kami. Apa yang kami lakukan cuma bentuk keinginan kami membuat klub yang kami bela jadi yang terbaik. Setelah pertikaian di lapangan selesai, maka itu tak akan pernah berlanjut di luar," kata Dalglish.

Liverpool akan menamai salah satu tribun mereka dengan nama 'Kenny Dalglish'. Hal ini dilakukan bersamaan dengan peringatan 125 tahun usia Liverpool.

Dalglish memang dikenal sebagai legenda terbesar bagi the Kop. Semasa aktif bermain, pria asal Skotlandia ini memberikan enam trofi juara Liga Inggris, tiga gelar juara Liga Champions (kala itu bernama European Cup), satu Piala FA, empat Piala Liga Inggris, dan satu Piala FA.

Sebagai pelatih, Dalglish juga memberikan segudang trofi bagi Liverpool. Yakni, tiga trofi Liga Primer Inggris, dua Piala FA, satu Piala Liga Inggris, dan satu Piala Super.