Jumat , 03 November 2017, 16:33 WIB

Arsenal Menguji Konsistensi Manchester City

Rep: endro yuwanto/ Red: Joko Sadewo
EPA-EFE/WILL OLIVER
Arsene Wenger
Arsene Wenger

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Liga Inggris pekan ke -11 akan mempertemukan pemuncak klasemen Manchester City melawan peringkat lima Arsenal. Laga ini akan menjadi ujian serius bagi City dalam mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka sepanjang musim ini.

Tim asuhan Pep Guardiola ini tampil apik di musim ini, baik di liga domestik maupun Liga Champions. City memetik sembilan kemenangan dan sekali seri dari 10 pertandingan yang sudah mereka mainkan. Sementara di Liga Champions mereka memastika lolos ke 16 besar, saat menyambangi kandang Napoli 2-4.

Bagi Arsenal, pertandingan ini punya arti penting untuk tetap menjaga kans mereka memenangi Liga Inggris. Sekalipun Arsenal masih juga bermain angin-anginan baik di kompetisi lokal maupun Liga Ueropa. Terakhir mereka hanya bermain imbang 0-0 saat menjamu Red Star Belgrade.

Manchester City vs Arsenal akan bertanding di Stadion Etihad, Ahad (5/11) Pukul 21.15 WIB (Live MNC TV).

Berikut statistik kedua kesebelasan:

- Manchester City masih menjadi satu-satunya tim tak terkalahkan di Liga Primer Inggris sejauh ini. The Citizens melaju amat impresif dengan memetik sembilan kemenangan dan baru sekali imbang. Sementara Arsenal mengalami laju naik turun, menang enam kali dan sudah tiga kali kalah di periode yang sama.

- City hanya menang sekali dari sembilan pertandingan terakhir melawan Arsenal di semua kompetisi (4 imbang, 4 kalah). Satu-satunya kemenangan itu diraih di pertemuan pertama liga musim lalu, di Etihad Stadium.

- Kemenangan Arsenal 2-0 di Etihad pada Januari 2015 lalu masih jadi satu-satunya kemenangan tandang the Gunners di laga tandang melawan enam tim besar Liga Primer sejak awal musim 2014/2015 (7 imbang, 9 kalah).

- City adalah tim ketiga dalam sejarah Liga Primer yang memenangi 28 poin dari 10 laga pertamanya. Chelsea musim 2005/2006 dan City musim 2011/2012 juga mencatatkan torehan serupa, tapi kalah dalam hal selisih gol dari City saat ini. Baik Chelsea dan City pada era tersebut memenangi gelar Liga Primer di akhir musim.

- City sudah mencetak 20 gol dalam empat partai kandang terakhir di Liga Primer musim ini. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan yang dicetak 18 tim lainnya di liga dalam 10 pekan pembuka di musim ini.

- Arsenal baru memetik 17 dari total 45 poin yang tersedia di laga-laga tandang selama 2017, menang lima kali, berimbang dua kali, dan kalah delapan kali dari 15 pertandingan.

- Pelatih City Pep Guardiola memenangi empat dari lima pertemuan dengan pelatih Arsenal Arsene Wenger di kandang di seluruh kompetisi, dengan satu sisanya berakhir imbang. Timnya tak pernah mencatatkan clean sheet dalam periode tersebut, tapi mencetak total 15 gol berbanding hanya lima milik Arsenal.

- Theo Walcott sudah mencetak gol tandang di Etihad lebih banyak dibandingkan pemain Arsenal lain, yakni 3 gol.

- Leroy Sane sudah lebih banyak terlibat dalam terciptanya gol-gol ketimbang pemain-pemain Liga Primer lain musim ini, yakni enam gol dan lima assist. Pemain asal Jerman itu mencetak gol baik di kandang maupun tandang ke gawang Arsenal musim lalu.

- Striker City Sergio Aguero sudah mencetak lima gol di lima pertandingan terakhir melawan Arsenal di seluruh kompetisi.

Lima Pertemuan Terakhir City Vs Arsenal

(23/04/2017)     Arsenal 2–1 Manchester City
(02/04/2017)     Arsenal 2–2 Manchester City
(18/12/2016)     Manchester City 2–1 Arsenal
(07/08/2016)     Arsenal 3–2 Manchester City
(08/05/2016)     Manchester City 2–2 Arsenal