Ahad , 19 November 2017, 02:49 WIB

Pogba Gemilang, MU Bantai Newcastle 4-1

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Martin Rickett/PA via AP
Gelandang Manchester United, Paul Pogba (kanan) beraksi pada laga Liga Primer lawan Newcastle di Old Trafford, Ahad (19/11) dini hari WIB. United menang 4-1 pada laga ini.
Gelandang Manchester United, Paul Pogba (kanan) beraksi pada laga Liga Primer lawan Newcastle di Old Trafford, Ahad (19/11) dini hari WIB. United menang 4-1 pada laga ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) meraih kemenangan atas tamunya Newcastle United dengan skor 4-1 pada laga ke-12 Liga Primer Inggris 2017/2018, Ahad (19/11) dini hari WIB. Pada laga yang digelar di Old Trafford itu, gelandang MU Paul Pogba mencuri perhatian.

Tampil kembali setelah absen sejak September 2017, Pogba membuat satu assist dan satu gol. Pada laga ini, Zlatan Ibrahimovic juga melakukan comeback setelah absen sejak April 2017.

Pada babak pertama, MU sudah unggul berkat dua gol dari Anthony Martial dan Chris Smalling. Sedangkan Newcastle mencetak gol lewat Dwight Gayle.

Pada babak kedua, MU melebarkan jarak keunggulan lewat gol Pogba dan Romelu Lukaku. Atas kemenangan ini, MU kembali menggeser Chelsea di peringkat kedua dengan 26 angka. Torehan ini masih tertinggal delapan angka dari penghuni posisi puncak klasemen sementara, Manchester City.

Jalannya laga

Laga dimulai dengan upaya keras MU menggebrak pertahanan Newcastle. Namun, Iblis Merah malah kecolongan gol lebih dulu pada menit ke-14.

Berawal dari lolosnya pemain Newcastle Deandre Yedlin dari penjagaan sisi kiri pertahanan MU. Yedlin lalu terus berlari lurus untuk kemudian melepaskan umpan tarik ke dalam kotak penalti MU. Di sana, Gayle yang berdiri bebas mampu menyambut umpan dengan sepakan kaki kanan. Bola melaju menyusur tanah ke tiang kanan gawang MU lalu memantul masuk.

MU kemudian tersengat. Romelu Lukaku sempat mendapatkan operan manis dari Lindelof yang melepaskan bola melambung ke depan mulut gawang Newcastle. Lukaku kemudian mampu menjangkau lewat lompatannya. Sayang, sundulan pemain 24 tahun ini jauh dari sasaran meski mendapatkan ruang tembak yang bebas.

MU akhirnya bisa menyamakan kedudukan menit ke-37. Berawal dari aksi individu Pogba di sayap kanan, bola mampu dilambungkan ke dalam kotak penalti lawan. Di tempat bola akan jatuh, Martial melompat dan melepaskan tandukan kencang hingga bola masuk.

MU kemudian bisa berbalik unggul jelang turun minum tepatnya menit ke-45.. Ashley Young yang diplot sebagai bek kiri mampu melepaskan umpan silang terukur ke tiang jauh. Smalling yang ikut membantu serangan sukses menyambut bola dengan sundulan. Kiper Newcastle Robert Elliot coba menghalau bola rapi tak kuasa menahan kencangnya hasil sundulan Smalling. MU pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Memasuki babak kedua, laju MU mulai tak terbendung oleh tim tamu. Belum genap 10 menit babak kedua dimulai, MU sukses mencetak gol.

Pogba kembali beraksi. Kali ini, pemain jebolan akademi MU tersebut membuat gol pada menit ke-54. Berawal dari operan lambung Lukaku ke dalam kotak penalti lawan, Marcus Rashford yang menerima bola di depan gawang Newcastle bertindak tak egois. Bola ia sodorkan kepada Pogba yang berdiri bebas. Dengan mudah, pemain 24 tahun itu mendorong bola hingga menggetarkan jala gawang Newcastle.

Gol MU selanjutnya lahir dari usaha Lukaku pada menit ke-70. Sebelum mencetak gol bomber asal Belgia itu terus menggiring bola dari sayap kanan. Lukaku kemudian mampu masuk ke kotak 16 lawan dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Elliot. Tanpa kesulitan, Lukaku mampu menaklukkan kiper asal Republik Irlandia. Hingga pertandingan selesai, tidak ada lagi gol tercipta. MU pun menang 4-1.


Berita Terkait