Kamis , 07 Desember 2017, 11:28 WIB

Wenger tak akan Lepas Walcott dan Giroud

Red: Ratna Puspita
AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Theo Walcott
Theo Walcott

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Pelatih Arsenal Arsene Wenger yakin dia bisa mempertahankan Theo Walcott dan Olivier Giroud di klub pada Januari meski keduanya kurang mendapatkan waktu bermain pada awal musim ini. Dia mengatakan Walcott dan Giroud dibutuhkan karena Arsenal melakoni empat kompetisi musim ini. 

Walcott dan Giroud diperkirakan akan menjadi starter ketika melawan BATE Borisov pada Liga Europa, Jumat (8/12) dini hari WIB. Namun, keduanya kerap dikabarkan akan hengkang dari Stadion Emirates pada bursa transfer Januari karena kerap tidak mendapatkan kesempatan bermain pada Liga Primer. 

Walcott dan Giroud hanya menjadi pemain reguler pada kompetisi tengah pekan seperti Liga Europa, Piala Liga, dan Piala FA. Ini bisa mengancam peluang keduanya masuk skuat tim nasional negara masing-masing pada Piala Dunia 2018. 

Tapi, Wenger bersikeras dia tidak akan memasukan nama Walcott dan Giroud dalam daftar pemain yang bakal dijual pada Januari mendatang. “Saya ingin mempertahankan skuat. Kami lolos ke babak penyisihan Liga Europa, itu berarti kami tidak ingin mengurangi skuat,” katanya dalam sebuah konferensi pers dilansir dari ESPN, Kamis (7/12). 

Dia mengatakan Arsenal masih harus berlaga di Piala FA, Piala Liga, dan Liga Europa. “Kami juga harus tampil di Liga Primer, di mana kami harus berjuang untuk menempati posisi empat besar. Kami tidak ingin skuat melemah,” kata Wenger. 

Wenger memahami dia harus mempertimbangkan kepentingan pemain yang ingin tampil pada Piala Dunia 2018. Tapi, dia menegaskan, dia juga harus lebih mengutamakan kepentingan klub. “Tentu saja akan lebih baik kalau keduanya bisa sejalan. Tapi, sekarang ini, klub lebih penting,” ujar dia. 

Wenger mengetahui Walcott frustrasi dengan minimnya waktu bermain, Tapi, dia juga yakin Walcott berambisi dibandingkan sebelumnya untuk membuktikan kemampuannya di lapangan. 

Walcott adalah salah satu dari beberapa pemain yang kontraknya hanya tersisa 18 bulan. Kendati tidak akan melepas Walcott pada Januari mendatang, Wenger juga tidak memberikan kepastian apakah klub akan menawari pemain sayap asal Inggris itu kesepakatan baru. 

"Itu sulit bagi saya untuk menjawabnya hari ini, pertama-tama pemain harus senang untuk membahas dan menganalisis situasinya. Tapi, saya memang belum mulai membahasnya,” kata Wenger. 

Wenger juga menolak pernyataan asisten pelatih Prancis, Guy Stephan, bahwa Giroud bisa terancam kehilangan posisinya dalam skuat tim nasional Prancis kalau tidak mendapat kesempatan bermain yang cukup. Bahkan, Stephan menyarankan striker tersebut harus mempertimbangkan untuk meninggalkan Arsenal. 

Menurut Wenger, Giroud memang kehilangan posisi dalam skuat inti the Gunners di Liga Primer karena kedatangan Alexandre Lacazette. Tapi, dia menyatakan, Giroud sebenarnya memiliki lebih banyak menit bermain pada musim ini karena tampil pada kompetisi lain. 

"Giroud bermain beberapa menit lebih banyak daripada Lacazette. Jadi, pernyataannya tidak benar," kata Wenger. 

Wenger pun merasa kesal karena Stephan melontarkan pernyataan tersebut. "Mengapa dia mengatakan itu? Pernyataan itu tidak didukung oleh data angka. Jika dia ingin mengatakan harus bermain lebih banyak di Liga Primer maka Giroud memang memiliki persoalan,” kata dia.