Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Kemenangan City Nodai Catatan Karier Mourinho

Senin 11 December 2017 08:40 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi / Red: Ratna Puspita

Jose Mourinho

Jose Mourinho

Foto: EPA-EFE/NEIL HALL

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kekalahan Manchester United (MU) dari Manchester City pada laga derbi di Old Trafford, Senin (11/12) dini hari WIB tak cuma jadi coreng bagi Iblis Merah. Pelatih MU Jose Mourinho juga harus rela catatan kariernya ternoda akibat kekalahan dengan skor 1-2 tersebut.

Dikutip dari ESPN dan Mirror, sedikitnya ada tiga catatan negatif yang harus diterima oleh Mourinho akibat kekalahan semalam. Pertama, Mourinho harus merelakan rekor gemilang bersama MU yang ia torehkan di Old Trafford dalan setahun terakhir ini.

Sebelum jumpa City, Mourinho sukses membuat MU tanpa terkalahkan dalam 40 pertandingan kandang beruntun di semua ajang. Torehan ini merupakan rekor baru di Old Trafford. Uniknya, sebelum memulai laju 40 laga kandang tanpa kalah, MU juga sempat dikalahkan oleh City di Old Trafford.

Kedua, hasil laga semalam mencoreng catatan apik Mourinho yang sebelumnya tak pernah kalah setiap bertanding pada hari Ahad waktu Eropa di ajang Liga Primer Inggris. Kini, catatan Mourinho di hari Ahad adalah 106 bermain, 81 menang, 24 seri dan sekali kalah. Sebagian torehan menang dan seri ia catatkan bersama Chelsea.

Terakhir dan yang paling jadi perbincangan adalah soal noda di catatan rekor head to head-nya dengan pelatih City Josep Guardiola. Rivalitas keduanya dalam memperebutkan status pelatih terbaik di era modern sepak bola sudah berlangsung sejak tahun 2009 silam. Dalam delapan terakhir, keduanya sudah bertemu sebanyak 20 kali di berbagai ajang.

Sayangnya, kekalahan MU semalam membuat Mourinho harus semakin tenggelam. Hal itu karena dari 20 kali pertemuan termasuk pada laga semalam, Mourinho kini sudah kalah 10 kali dari Guardiola. Pelatih asal Portugal ini baru empat kali menang atas Guardiola sedangkan enam laga lainnya berakhir imbang.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES