Rabu, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 Februari 2018

Rabu, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 Februari 2018

Tukar Guling Sanchez-Mkhitaryan

Kamis 18 Januari 2018 03:47 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/Gilang Akbar Prambadi/ Red: Citra Listya Rini

Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan

Foto: EPA/DIMITRIS LEGAKIS
Alexis Sanchez ditukar guling dengan Henrikh Mkhitaryan.

REPUBLIKA.CO.ID,  MANCHESTER -- Keinginan Manchester United untuk mendatangkan Alexis Sanchez ke Old Trafford kabarnya tergantung keputusan Henrikh Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itu kabarnya menjadi bagian deal Iblis Merah untuk memboyong Sanchez dari Arsenal.

"Manchester United tidak akan bisa mendapatkan Sanchez kecuali Mkhitaryan setuju untuk bergabung dengan Arsenal. Mkhitaryan belum memutuskan," kata agen Mkhitaryan, Mino Raiola seperti dilansir ESPN, Rabu (17/1).

Menurut Raiola, Mkhitaryan bisa saja berlabuh ke Arsenal meskipun baru 18 bulan merumput bersama Manchester United. Iblis Merah membeli Micky, panggilan akrab Mkhitaryan, dari Borussia Dortmund dengan harga 26 juta poundsterling.

Agen yang juga mengurus kontrak kerja Zlatan Ibrahimovic dan Gianluigi Donnarumma ini menambahkan, Sanchez dan Mkhitaryan merupakan bagian dari kesepakatan antara Arsenal dan Manchester United. Raiola menekankan transfer Alexis ke Old Trafford sangat bergantung pada mau tidaknya Mikhitaryan hijrah ke Emirates Stadium.

Ketika Iblis Merah meladeni Stoke City dalam lanjutan Liga Primer Inggris akhir pekan lalu, sosok Mkhitaryan tidak terlihat di lapangan. Sontak, kabar bakal hengkangnya Mkhitaryan semakin santer. Apalagi pelatih Manchester United Jose Mourinho mengakui ada keraguan terkait masa depan Mkhitaryan di Old Trafford.

Di tengah santernya rumor tukar guling Mkhitaryan dan Sanchez, legenda Arsenal Ian Wright pun angkat bicara. Ia mengaku tak begitu tertarik dengan wacana tukar guling kedua pemain tersebut pada bursa musim dingin Eropa kali ini.

Menurut pencetak 185 gol dari 288 penampilan bersama Arsenal itu, jika tukar guling Mkhitaryan dan Sanchez terjadi maka mantan klubnyalah yang akan dirugikan.

Wright menilai Manchester United akan mendapatkan pemain yang diinginkan, sedangkan Mkhitaryan bukanlah sosok incaran tim Meriam London. Pun, Wright berpikir tukar guling ini seperti sesuatu yang terpaksa untuk diterima the Gunners.

"Ini seperti dipaksakan. Mkhitaryan tidak pernah jadi pemain incaran Arsenal, tapi Sanchez jelas sangat diinginkan oleh Manchester United. Dalam hal ini, Arsenal dalam posisi seperti menerima saja pemain yang disodorkan," kata Wright dikutip dari Sky Sports.

Wright mengatakan, Arsenal seperti panik pada setiap aktivitas bursa transfer pemain. Menurut dia, banyak pemain yang pergi tak bisa digantikan dengan baik. Jikapun mendapatkan pemain, Wright menilai Arsenal tidaklah membutuhkan pesepak bola yang didapatkannya seperti halnya rencana pertukaran Sanchez dan Mkhitaryan.

photo

Penyerang Arsenal Alexis Sanchez usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace di Selhurst Park, London, Inggris, Jumat (29/12) dini hari WIB.

Wright mengakui, Mkhitaryan merupakan pemain hebat. Hanya, bicara kesuksesan, Wright ragu pemain Mkhitaryan bisa memberikan hal sebanding yang dilakukan Sanchez kepada Arsenal selama ini.

"Tentu saja keduanya sama-sama berkualitas. Tapi jika sebuah tim kehilangan pemain seperti Sanchez maka tim tersebut memerlukan pengganti yang punya kesuksesan. Untuk hal ini saya ragu Mkhitaryan merupakan sosok yang tepat," kata Wright.

Berbeda pendapat dengan Wright, legenda Manchester United Gary Neville menyebut pelatih Iblis Merah Jose Mourinho akan sangat senang jika Sanchez mendarat di Old Trafford. Neville bahkan menyebut Mourinho akan dengan senang hati jika kedatangan Sanchez harus dibayar lewat sebuah pertukaran pemain.

Dalam hal ini, Neville menyebut Mkhitaryan cocok untuk dimasukkan dalam opsi pertukaran tersebut. Menurut Neville, kondisi Mkhitaryan yang kerap tak dimainkan Mourinho harus diakhiri dengan sebuah keuntungan.

"Tanda-tandanya sudah jelas, Mkhitaryan tidak ada di dalam skuat dan itu merupakan pesan yang kuat dari Mourinho. Sanchez bisa datang ditukar dengan Mkhitaryan," kata Neville.

Neville menyatakan Mkhitaryan ibarat pesepak bola yang menyia-nyiakan bakatnya. Menurut Neville, Mkhitaryan harus bisa mengandalkan hal selain talenta. "Bakat saja tidak cukup. Ketika kita berpikir dia akan berkilau, justru dia menghilang," kata Neville.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pemprov DKI Jakarta akan Tambah Jalur Sepeda

Selasa , 20 Februari 2018, 20:09 WIB