Senin , 20 March 2017, 01:03 WIB

Cuadrado Bawa Juventus Kokoh di Puncak Klasemen Liga Italia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Bayu Hermawan
EPA/DI MARCO
Juan Cuadrado
Juan Cuadrado

REPUBLIKA.CO.ID, GENOA -- Juventus menutup pekan ke-29 Liga Italia dengan raihan tiga angka usai mengalahkan Sampdoria. Laga kedua kesebelasan di Luigi Ferraris Stadium pada Ahad (19/3), berakhir dengan skor tipi 1-0. Gol cepat milik Juan Caudarado menjadi penentu kemenangan skuat pelatih Massimiliano Allegri.

Saat laga kedua kesebelasan, Juventus membuka laga dengan langsung tampil menekan di lini pertahanan Sampdoria. Upaya membuka keunggulan, pertama kali dilakukan oleh penyerang tamu, Gonzalo Higuan di menit ke-3. Sepakannya, memang mengarah ke gawang. Namun, penjaga gawang tuan rumah, Christian Puggioni, masih cekatan mengamankan bola.

Para pemain Sampdoria, pun membalas serangan awal Juventus, dengan mengandalkan duet penyerang Fabio Quagliarella dan Luis Mauriel. Tapi, permainan kedua kesebelasan gagal membuat kejutan meski sudah melewati baris pertahanan yang dijaga Kwadwo Asamoah dan kawan-kawan.

Kegagalan Asamoah mengadang permainan tuan rumah, terbayar dengan aksinya memberikan bola cepat ke lini depan Juventus. Umpan silang dari lini kiri pemain asal Ghana tersebut, dimanfaatkan baik oleh Cuadrado lewat sundulan. Gol cepat darinya, membawa Bianconerri unggul 1-0 pada menit ke-7.

Kebobolan satu gol di menit awal, membuat Sampdoria sempat mencoba mendominasi permainan. Tapi, para pemain asuhan Alleigri mengatasi setiap upaya para pemain asuhan Marco Giamaolo untuk menyamakan skor. Pada menit ke-20, Juventus mendapat kesempatan menggandakan kedudukan. Kali ini, kembali lewat Higuain yang memanfaatkan kesalahan gelandang bertahan Karol Linetty. Tapi, peluang tersebut, kembali gagal.

Sampdoria juga kembali mengancam pada menit ke-37. Sepakan keras dari pemain bertahan Matias Silvestre yang membantu lini serangan, menguji kesigapan penjaga gawang Gianlugi Buffon. Namun, kiper gaek itu, masih punya ketajaman menjaga gawangnya tetap aman. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, pola permainan kedua tim masih sama. Pelatih Giampaolo mencoba mengubah komposisi pemainnya dengan menarik gelandang serang Bruno Fernandes dan menggantinya dengan Patrik Schick pada menit ke-52. Giampaolo juga menarik satu gelandang bertahannya, Lucas Torreira dengan memainkan gelandang serang Deniis Praet pada menit ke-61.

Akan tetapi, otak-atik para pemain tersebut, tak memberikan dampak bagi permainan Sampdoria. Alleigri pun mencoba mengganti Cuadrado dengan memainkan Mario Lenina pada menit ke-72 sebagai amunisi baru serangan. Tapi, tetap saja, para pemain tamu beberapa kali gagal memanfaatkan peluang menggandakan kedudukan. Skor 1-0 masih bertahan sampai menit ke-80.

Sampdoria mendapat peluang menyamakan kedudukan pada menit ke-84. Umpan silang dari pemain bertahan Jacopo Sala mampu dimanfaatkan oleh Quagliarella. Namun tendangan sang striker terlalu melebar dari gawang. Selepas itu, nyaris tak ada peluang berarti dari kedua kesebelasan. Hingga akhir laga, skor 0-1 masih memenangkan Juventus atas Sampdoria.

Raihan tiga angka dari Luigi Ferraris kali ini, membuat Juventus semakin kokoh di puncak klasemen sementara Liga Italia. Nyonya Tua kini punya modal 73 angka di puncak klasemen. Jumlah tersebut, terpaut 10 angka dari Napoli yang kini berada di tangga kedua klasemen, dengan 63 angka.

Kemenangan Juventus dari Sampdoria kali ini, pun mempertahankan rekor 10 kali laga tanpa kekelahan. Sementara bagi Sampdoria, kekalahan kali ini, menghentikan catatan tujuh laga tanpa kekalahan dan membuat mereka harus puas tertahan di posisi sembilan dengan 41 angka di papan klasemen.