Senin , 20 March 2017, 07:58 WIB

Roma dan Napoli Jaga Jarak Aman dengan Juve

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani
Gelandang AS Roma, Mohamed Salah (kiri) bersujud syukur seusai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada laga Serie A di Olimpico, Ahad (19/3). Roma menang 3-1.
Gelandang AS Roma, Mohamed Salah (kiri) bersujud syukur seusai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada laga Serie A di Olimpico, Ahad (19/3). Roma menang 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID,ROMA – Roma dan Napoli tetap menjaga harapan mereka meraih gelar berkat keberhasilan mengalahkan lawan masing-masing pada laga lanjutan Serie A, Ahad (19/3). Roma menang 3-1 atas tamunya, Sassuolo. Adapun, Napoli mengungguli tuan rumah Empoli, 3-2.

Roma mampu balik mengungguli tim tamu, meskipun sempat dikejutkan dengan gol cepat dari Sassuolo. Gregoire Defrel membobol gawang Roma yang dikawal oleh Wojciech Szczesny pada menit kesembilan. Namun, Roma segera merespons dengan membobol gawang Sassuolo melalui aksi Leandro Paredes  pada tujuh menit berselang. Parades menerima umpan dari Mohamed Salah dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada waktu tambahan babak pertama, Salah menambah keunggulan tim tuan rumah dan mengakhiri babak pertama dengan keunggulan Roma 2-1.  Usai turun minum, Sassuolo berupaya untuk menyamakan skor, meski kerap gagal memanfaatkan peluang. Roma justru menambah keunggulannya melalui sentuhan Edin Dzeko. Pemain asal Bosnia ini memaksimalkan sodoran apik gelandang Kevin Strootman.

Hingga peluit dibunyikan tanda permainan berakhir, kor 3-1 bertahan untuk kemenangan Roma.  Dengan kemenangan ini, Giallorossi mengukuhkan posisinya sebagai runner up di klasemen Serie A Italia dengan torehan 65 angka. Sedangkan Sassuolo melorot ke urutan 15 dengan koleksi 31 poin.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Napoli mengonsolidasikan posisi Liga Champions mereka dan kini terpaut sepuluh angka dari Juventus. Pasukan Maurizio Sarri menghantam bekas klubnya pada babak pertama dan unggul 3-0 setelah dua gol dari Lorenzo Insigne dan tendangan bebas Dries Mertens membuka keunggulan timnya pada 38 menit pembukaan, di mana Mertens juga memiliki eksekusi penalti yang dapat digagalkan.

Empoli membuat akhir pertandingan berlangsung menegangkan ketika Omar El Kaddouri mencetak gol dengan tendangan bebas pada menit ke-70, dan Massimo Maccarone mengeksekusi penalti 12 menit kemudian. Namun, Napoli mampu unggul satu angka atas Roma sebelum pertandingan tim ibu kota itu melawan Sassuolo pada Ahad malam. “Kami berkembang, namun tim yang memainkan babak kedua seperti ini tidak dapat memiliki ambisi-ambisi kuat," kata pelatih Napoli, Maurizzio Sarri seusai laga.

Baca juga, Juventus Kokoh di Puncak Serie A.

Sumber : Antara/Reuters