Kamis , 12 Oktober 2017, 08:02 WIB

Mancini Enggan Prediksi Derbi Milan

Red: Ratna Puspita
inter.it
Roberto Mancini
Roberto Mancini

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Pelatih Zenit Roberto Mancini mendukung Inter Milan ketika menjamu rival sekotanya, AC Milan, di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (16/10) dini hari WIB. Kendati demikian, dia enggan membuat prediksi siapa yang bakal memenangkan laga bertajuk Derby della Madonnina itu. 

"Saya tidak ingin membuat prediksi, saya hanya berharap Inter memiliki pertandingan yang bagus," kata Mancini kepada surat kabar Corriere della Sera, dilansir dari Football Italia, Kamis (12/10).

Menurut dia, Nerazzurri memulai musim dengan baik. Inter belum terkalahkan pada tujuh pertandingan pertama musim ini, dengan enam kali menang dan satu kali imbang.

Nerazzurri duduk di peringkat ke-3 dengan koleksi 19 poin, sama dengan angka yang dimiliki Juventus di posisi kedua klasemen sementara. Mancini tidak mengetahui seberapa jauh anak-anak asuhan Luciano Spaletti ini akan melaju pada musim ini. 

Namun, dia mengatakan, Nerazzurri tidak bisa dimungkiri menjadi tim yang lebih kuat dibandingkan musim lalu. “Mereka adalah tim yang kuat dan sudah saling mengenal sehingga mengalami banyak perubahan dibandingkan Milan,” kata mantan juru taktik Inter ini. 

Mancini mengatakan Rossoneri harus mengalami sedikit kesulitan pada awal musim ini, dengan menderita dua kekalahan dari Sampdoria dan AS Roma. Dia menuturkan Milan akan membutuhkan waktu untuk bisa tampil bagus dan konsisten. 

Pria 52 tahun ini meyakini Milan memiliki masa depan yang baik karena telah melakukan pekerjaan yang bagus di bursa transfer musim panas lalu. Milan memang menggelontorkan banyak uang pada pasar transfer kemarin namun itu sepadan dengan kualitas pemain yang didatangkan oleh Milanello. 

“Mereka punya kualitas yang bagus. Saya berharap kedua klub Milan masuk ke Liga Champions,” kata dia. 

Dalam pertandingan derbi, tekanan untuk meraih hasil maksimal bukan hanya berada di sisi Rossoneri. Namun, tekanan lebih besar memang berada di Milan yang sedang dalam posisi kurang bagus sekarang ini. 

Karena itu, derbi akhir pekan ini menjadi sangat penting bagi Rossoneri. “Derbi adalah pertandingan yang paling penting musim ini dan semua orang pasti merasakan tekanan, tapi pada akhir pertandingan, itu juga bernilai tiga angka,” kata dia. 

Jika Inter menang, Mancini menuturkan, maka Nerazzurri akan unggul 10 angka dari Milan. “Itu akan mulai menjadi jarak yang besar. Karena itu, saya pikir Milan memiliki risiko terbesar pada laga ini,” kata dia. 

Di kubu Inter, Marcelo Brozovic akan absen karena cedera sedangkan Rossoneri harus kehilangan Hakan Calhanoglu karena terkena larangan. Mancini mengatakan Mauro Icardi dan Ivan Perisic akan menjadi pemain yang menentukan bagi Inter sedangkan Milan punya banyak pemain penting. 

“Tapi, jika dia bugar maka Nikola Kalinic akan bisa menyulitkan Inter,” kata dia.