Senin , 16 Oktober 2017, 23:15 WIB

Luca Toni Sebut Higuain tak dalam Masa Krisis

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita
AP Photo/Dave Thompson
Gonzalo Higuain
Gonzalo Higuain

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Mantan penyerang Juventus dan timnas Italia Luca Toni menilai Gonzalo Higuain tidak berada dalam masa krisis untuk urusan membobol gawang lawan. Bahkan, Toni yakin dia bakal melesakkan 30 gol musim ini. 

Higuain memang belum menujukan keganasannya mencetak gol pada musim 2017/2018. Berbeda dengan musim lalu, bomber asal Argentina hanya mencatatkan empat gol dari 11 penampilannya bersama Sigonara Omicidi di semua kompetisi.

Bahkan, dia hanya mencetak tiga gol pada Serie A musim ini. Kendati didatangkan dengan banderol 90 juta euro, Higuain gagal menjarangkan bola ke gawang ketika Juve menelan kekalahan 1-2 dari Lazio pada Sabtu (14/10). 

Namun, Toni merasa attacante 29 tahun saat ini tidak berada dalam sebuah krisis. Menurut dia, apa yang terjadi pada El Pipita termasuk lumrah dalam sepak bola.

"Percayalah, dia bukan berada dalam masa krisis. Saya melihatnya dengan mata seorang penyerang dan saya telah melihatnya tumbuh sejak awal musim," ucap Toni kepada Tuttosport, dilansir dari Football Italia, Senin (16/10).

Toni mengatakan dia melihat foto-foto laga Juventus melawan Lazio. Seorang striker harus khawatir ketika dia gagal melakukan tendangan ke arah gawang, bukan ketika dia tidak berhasil mencetak gol dari posisi bagus. 

“Itu kerap terjadi pada saya di masa lalu dan saya rasa itu terjadi padanya. Dia seharusnya mencetak dua gol melawan Lazio kalau dia memang beruntung,” kata dia. 

Akibat gagal mencetak gol, Higuain kerap mendaptkan kritik dari pendukung Si Nyonya Tua. Bahkan, sang pelatih Massimiliano Allegri sempat mencadangkannya dalam beberapa partai.

Pesepak bola yang turut membawa Gli Azzurri meraih Piala Dunia 2006 pun menyarankan agar Higuain lebih tenang. Dia pun menerangkan keyakinannya terhadap Higuain lantaran sang pemain kerap mencetak banyak gol di masa lalu. “Dia akan kembali mencetak gol,” ujar dia. 

Dia juga yakin Pipita sebenarnya sudah terbiasa dengan krtikan karena dia merupakan salah satu striker terbaik di dunia. “Tidak penting kalau dia baru mencetak empat gol musim ini. Pada ahirnya, saya berani bertaruh, dia akan mencetak 30 gol hingga Mei mendatang,” kata dia.