Sabtu , 21 October 2017, 08:45 WIB

Kisah Zanetti tentang Mourinho dan Frank de Boer

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ratna Puspita
EPA/MATTEO BAZZI
Javier Zanetti
Javier Zanetti

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Legenda Inter Milan Javier Zanetti mengisahkan profil Jose Mourinho saat membawa klubnya mendapat treble winners pada 2010. Kala itu, Zanetti menjadi kapten tim.

Ia menjelaskan bagaimana Mourinho sangat serius dalam mempersiapkan segala sesuatu jelang pertandingan. Dia menerangkan juru taktik asal Portugal itu menguus secara detail kebutuhan tim.

"Semua komponen itu digabung, dalam dua tahun ia membangun sesuatu yang cukup menakjubkan. Itulah sebabnya kami memenangkan semuanya," ujar sosok yang kini menjadi Wakil Presiden Nerazzurri kepada Independent, dikutip dari Football Italia, Sabtu (21/10).

Zanetti juga menceritakan mantan pelatih Inter lainnya, Frank De Boer. Musim lalu, pria Belanda itu dipecat setelah memoles La Beneamata dalam 14 pertandingan.

Menurut Zanetti, De Boer sangat profesional hingga hari terakhir bertugas. Ia menganalisa, kegagalan yang bersangkutan mengangkat performa klub dikarenakan kurangnya waktu bersama dengan pemain sejak pra musim. 

"Saya ingat dia bergabung dengan kami hanya satu pekan sebelum mengawali musim. Jadi mungkin dia tidak punya cukup waktu mempersiapkannya," tutur Zanetti.

Ia menegaskan, dalam sepakbola ukuran ditentukan lewat hasil nyata di lapangan. Namun itu tak menghilangkan penilaiannya tentang De Boer sebagai sosok hebat dan profesional.