Ahad , 19 November 2017, 02:01 WIB

Buffon Diprediksi akan Pecahkan Dua Rekor

Rep: Lintar Satria Zulfikar / Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Gianluigi Buffon
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Gianluigi Buffon bisa memecahkan dua rekor Serie A sebelum pensiun pada akhir musim ini. Dua rekor tersebut yakni pemain yang paling banyak bermain di Serie A dan pemain yang meraih scudetto paling banyak.

Kiper Juventus tersebut ingin gantung sepatu pada Piala Dunia keenamnya pada 2018. Tapi, ternyata Italia gagal lolos kualifikasi Piala Dunia di Rusia.

Dilansir dari Football Italia, Sabtu (18/11), Buffon bisa memecahkan rekor sebagai pemain yang paling banyak bermain di Serie A. Saat ini, ia berada di peringkat kedua pemain yang paling banyak tampil di Serie A.

Kiper berusia 38 tahun tersebut sudah tampil 627 pertandingan Serie A. Sementara posisi pertama masih dipegang oleh mantan bek AC Milan Paulo Maldini. Maldini tercatat sudah bermain sebanyak 647 pertandingan.

Tapi jika Buffon bermain 21 dari 26 pertandingan yang tersisa pada musim ini maka ia akan tercatat sebagai pemain yang paling banyak tampil di Serie A. Selain itu, Buffon juga bisa memecahkan rekor sebagai peraih Scudetto terbanyak.

Saat ini, Buffon setidaknya sudah delapan kali meraih gelar Serie A. Ia bersaing ketat dengan Virginio Rosseta, Giovani Ferrari, dan Beppe Furino. Tapi jika Bianconeri dapat mempertahankan gelar pada musim ini maka Buffon dapat mengoleksi sembilan gelar Serie A.

Jika kemenangan Juventus pada musim 2004/2005 dan 2005/2006 maka Buffon sudah mengoleksi sembilan gelar. Tapi karena skandal calciopoli maka gelar yang dihitung hanya delapan.

Selain itu, Buffon sudah memencahkan rekor sebagai kiper yang paling banyak tampil dan kiper yang paling lama tidak kebobolan, yakni 974 menit. Buffon juga pemain yang paling banyak bermain di Juventus.

Buffon juga tercatat sebagai pemain Juventus kedua yang paling banyak tampil di Liga Champions. Alessandro Del Piero memegang gelar pemain paling banyak tampil di Liga Champions dengan 705 penampilan.

Buffon juga tercatat sebagai kiper yang paling banyak tampil bagi Italia. Buffon tercatat sudah tampil 175 kali untuk mewakili negaranya. Pertandingan leg kedua melawan Swedia dalam play-off kualifikasi Piala Dunia pada pekan lalu menjadi pertandingan terakhir bagi Buffon untuk Italia.

Bagi Italia, Buffon juga memegang rekor kiper yang paling sedikit kebobolan, menyelamatkan tim dari hukuman tendangan penalti dan sebagai kapten dengan jumlah penampilan terbanyak. Buffon kapten di tim nasional Italia sebanyak 79 kali jumlah yang sama dipegang oleh Fabio Cannavaro. 

Berita Terkait