Selasa , 05 December 2017, 22:48 WIB

Inter Empat Besar di Footy Power Rankings

Red: Didi Purwadi
EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Inter Milan
Inter Milan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inter Milan masuk posisi empat besar di Footy Power Rankings yang dirilis thescore.com pada Senin (4/12). Media tersebut memberikan sorotan utama pada klub-klub besar Eropa tanpa kekalahan di musim ini sejak pekan awal dimulainya masing-masing liga.

Thescore mencatat Inter Milan sebagai salah satu dari lima klub liga terbaik Eropa yang sejauh ini belum terkalahkan musim ini. Selain Inter Milan di pentas Serie A Italia, ada Barcelona (La Liga Spanyol) bersama Manchester City (Liga Primer Inggris), Paris Saint Germain (Ligue 1 Prancis), dan Bayern Muenchen (Bundesliga Jerman).

''Samir Handanovic melakukan penyelamatan gemilang, Milan Skriniar sangat tenang di barisan pertahanan, dan Mauro Icardi sangat kejam di depan mencetak gol,'' tulis Thescore. ''Semuanya membuat Nerazzurri menjadi salah satu calon kuat peraih scudetto.'' 

Tapi, sebut Thescore, faktor utama di balik kebangkitan Inter Milan adalah pelatih Luciano Spalletti. Ia berhasil membawa Inter tampil terorganisasi rapih.

Spalletti mampu memperlihatkan karakter Inter yang luar biasa dan terus bisa membawa tren positif. Perubahan besar yang dibawa oleh Spalletti tersebut membuktikan bahwa manajemen Inter telah membuat keputusan yang benar. Berbagai pihak banyak menilai bahwa Spalletti merupakan rekrutan Inter terbaik di musim panas tahun ini.

Dalam hal pemain, skuat yang dimiliki Inter sejak tahun lalu sudah kuat. Jika dilihat dari komposisi tim inti, manajeman Inter di era Suning telah memberikan kontribusi rekrutan lima pemain yaitu Borja Valero, Antonio Candreva, Milan Skriniar, Roberto Gagliardini dan Matias Vecino.

Pada masa kepemilikan mayoritas Erick Thohir yang juga masih menjabat sebagai presiden klub saat ini, kontribusi yang diberikan sebanyak lima pemain yaitu Joao Miranda, Davide Santon, Danilo D'Ambrosio, Ivan Perisic dan Mauro Icardi. Sedangkan, rekrutan pada zaman Massimo Moratti yaitu Samir Handanovich.

Di laga terakhirnya, Inter membukukan kemenangan 'manis' 5-0 saat menjamu Chievo di San Siro pada Ahad (3/12). Kemenangan tersebut menjadikan Inter sebagai Capolista pada Serie A Italia dengan perolehan 39 poin. Hal ini semakin membuktikan Inter sebagai salah satu kandidat titel juara musim ini sekaligus satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Serie A.

Tidak hanya sukses di lapangan, revenue Inter juga mengalami kenaikan yang didapat dari penjualan tiket, sponsor dan kenaikan nilai kontrak broadcast baik dari dalam dan luar Italia. Performa baik yang ditunjukkan Inter sejauh ini diharapakan dapat membawa Inter lolos kualifikasi Liga Champions. Dan, ini tentunya akan memberikan dampak pada pertambahan kenaikan revenue klub.