Ahad , 19 March 2017, 09:04 WIB

Zidane Ungkap Alasan Ganti Ronaldo yang Membuatnya Kesal

Rep: Agus Raharjo/ Red: Bilal Ramadhan
EPA/JuanJo Martín
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (kiri) dan striker, Cristiano Ronaldo.
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (kiri) dan striker, Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Laga Athletic Bilbao melawan Real Madrid, Ahad (19/3), menyisakan pertanyaan. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menarik keluar megabintang El Real Cristiano Ronaldo dan digantikan Isco sebelas menit menjelang pertandingan berakhir.

(Baca: Ronaldo Tertangkap Kamera Kesal Diganti Saat Pertandingan)

Zidane mengaku mengubah formasi untuk menyeimbangkan permainan dan mempertahankan keunggulan. Hal itu membuatnya harus mengganti Ronaldo. Zidane menuturkan, dia menerapkan formasi 4-4-2 dan harus mengganti salah satu pemain depannya. Pilihannya dijatuhkan pada Ronaldo karena Benzema tampil luar biasa di laga itu.

“Karim (Benzema) memiliki permainan luar biasa, pada akhirnya kami menemukan lebih banyak keseimbangan dengan 4-4-2,” katanya dikutip dari Marca, Ahad (19/3).

Ronaldo sempat terlihat kesal saat ditarik keluar dan digantikan Isco. Namun, Zidane menegaskan tidak perlu khawatir dengan kekesalan striker asal Portugal itu. “Tidak perlu khawatir dengan Cristiano Ronaldo, dia bisa diganti seperti yang lainnya,” kata Zidane.

Menurut dia, trio penyerang Ronaldo, Benzema, dan Gareth Bale sudah diberi waktu yang banyak di pertandingan. Zidane perlu mengubah sedikit skema permainan untuk memberikan kesempatan pada pemain lain.

“Untuk alasan ini saya mengganti mereka dengan Isco dan (Alvaro) Morata,” ujar Zidane.

Namun, Zidane menegaskan tidak ada masalah dengan Ronaldo. Dia bahkan sangat senang dengan kemenangan ini. Perubahan yang dilakukan dengan mengganti Ronaldo adalah untuk menyeimbangkan permainan Madrid. Sebab, mereka butuh tiga angka di kandang Bilbao ini. Namun, bukan berarti El Real bermain bertahan di laga itu.