Senin , 20 Maret 2017, 04:54 WIB

Barcelona Atasi Perlawanan Valencia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Bayu Hermawan
EPA/Toni Albir
Striker Barcelona, Lionel Messi dalam suatu laga di Camp Nou.
Striker Barcelona, Lionel Messi dalam suatu laga di Camp Nou.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- FC Barcelona menang usai saat menjamu Valencia. Kedua kesebelasan bertanding menutup pekan ke-28 La Liga Spanyol, pada Senin (20/3). Hasil di papan skor berakhir 4-2.

Saat laga di Stadion Camp Nou, Barcelona mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 72 persen. Pola bermain tetap 4-3-3, dari kepelatihan Luis Enrique mengancam pertahanan Valencia sepanjang 25 menit pertandingan awal. Tapi, format bermain serupa dari kepelatihan Salvador Gonzales juga terbukti beberapa kali membikin repot pertahanan tuan rumah.

Penggawa Los Che, pun berhasil mencuri momen dengan membuka keunggulan. Lewat sepakan pojok, Daniel Parejo mengarahkan bola ke depan mulut gawang yang dijaga Marc Ter Stegen. Pemain bertahan Eliaquim Hans Mangala yang membantu serangan Valencia, berhasil memaksa penjaga gawang dari Jerman tersebut, memungut bola dari sarangnya.

Sundulan pemain 21 tahun tersebut, membuat papan skor menjadi 1-0 pada menit ke-29. Striker the Blaugrana Luis Suarez, baru bisa membalas kebobolan tersebut, pada menit ke-35. Gol balasan terjadi lewat lemparan bola keluar lapangan dari Neymar Junior yang melambungkan bola melewati pemain bertahan tim tamu, ke arah Suarez yang disambut dengan sepakan jauh ke arah gawang.

Pemain asal Urugay tersebut, berhasil membuat skor imbang menjadi 1-1. Skor kembali berubah lima menit kemudian. Pelanggaran yang dilakukan Mangala terhadap Suarez pada menit ke-44 di areal terlarang, memaksa wasit Alejandro Hernandez mengusir pemain pinjaman dari Manchester City tersebut dan memberikan hukuman penalti untuk Valencia.

Striker Barcelona Lionel Messi, menjadi eksekutor sepakan hukuman tersebut. Pemain Argentina itu, mengubah papan skor menjadi 2-1. Akan tetapi, kemenangan sementara pasukan the Cules, cuma bertahan selama satu menit. Pada menit ke-45, striker Valencia, Munir El-Haddadi memberikan kejuatan ke gawang tuan rumah.

Pemain pinjaman dari Camp Nou itu, kembali membikin takluk Ter Stegen. Gol bikinan pemain 21 tahun tersebut, membuat skor kembali imbang 2-2 lewat serangan balik dari para pemain belakang Valencia. Skor tersebut, bertahan sampai wasit meminta para pemain turun minum.

Pada babak kedua, pelatih Gonzales mengubah komposisi pemainnya. Pemain serang Fabian Orellana ditarik keluar, menggantinya dengan pemain gelandang bertahan Abdenour pada menit ke-46. Tapi, bermain 10 pemain melawan Barcelona, tentu membuat permainan tampak tak imbang. Messi, kembali menjadi ancaman bagi tim tamu. Golnya di menit ke-52, membuat skor menjadi 3-2.

Pelatih Enrique, juga mengganti pemain gelandang serangnya, Ivan Rakitic dengan memainkan Sergio Roberto pada menit ke-62. Sementara para pemain Valencia, nyaris menjadi bulan-bulanan para pemain tuan rumah. Meski tak membikin gol sampai menit ke-88, tapi gaya permainan Barcelona, seperti menguras tenaga para pemain Valencia.

Barcelona menutup pertandingan dengan memperbesar jumlah gol. Kali ini, lewat gol milik pemain gelandang bertahan Andre Gomes. Gol tersebut terjadi lewat umpan Neymar, yang disambut pemain 23 tahun tersebut. Gol penutup darinya, membuat skor semakin lebar menjadi 4-2. Tambahan waktu tiga menit, tak membuat papan angka berubah.

Kemenangan Barcelona dari Valencia kali ini, memang tak membuat konstelasi teratas klasemen sementara La Liga berubah. Barcelona masih harus bersabar di peringkat kedua, dengan perolehan 63 angka di papan klasemen sementara. Hasil tersebut, masih terpaut dua angka dari penguasa klasemen, Real Madrid, yang saat ini punya modal 65 angka dan satu pertandingan.