Senin , 20 March 2017, 12:05 WIB

Enrique: Baru Kali Ini Barcelona Kebobolan Lewat Sepak Pojok

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
EPA/Toni Albir
Luis Enrique
Luis Enrique

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA – FC Barcelona menang 4-2 dari laga melawan Valencia CF di penutup pekan ke-28 La Liga Spanyol 2016/17. Meski berhasil menambah tiga angka di papan klasemen, pelatih Luis Enrique memuji penampilan kepelatihan Salvador Gonzales. "Valencia bermain sangat baik. Dan mereka membuat pemain kami bekerja keras," kata Enrique usai pertandingan, seperti dikutip Marca, Senin (20/3).

Pelatih 46 tahun itu menilai, ada sedikitnya tiga hal yang membuat dirinya menilai pasukan Los Che tampil baik saat laga kedua kesebelasan di Camp Nou, Senin (20/3) WIB. Pertama kata dia, gol pembuka laga yang dibikin oleh pemain bertahan Valencia, Eliaquim Hans Mangala pada menit ke-29. Gol tersebut, dikatakan Enrique melukai Barcelona.

Enrique menilai, para pemain the Blaugrana bermain dalam ratusan pertandingan, yang tak pernah kebobolan lewat sepakan pojok. "Anda melihat sekarang kami kebobolan dari sepak pojok di mana itu tidak pernah terjadi dalam 100 pertandingan," ujar dia.

Menengok gol milik pemain pinjaman dari Manchester City tersebut, memang berawal dari sepakan pojok oleh Daniel Parejo. Parejo mengumpan bola tinggi yang disambut dengan sundulan Mangala, dan membuat penjaga gawang Ter Stegen memungut bola dari gawangnya.  "Dan kami membiarkan itu terjadi?," sambung Enrique.

Menurut Enrique, gol tersebut sulit dilakukan oleh lawan-lawan Barcelona selama ini. Selain itu, kata dia, Mangala terbukti menjadi 'monster' bagi gawang Barcelona. Pemain 21 tersebut, dikatakan Enrique, mencatatkan tiga gol dari dua kali pertemuan terakhir kedua kesebelasan.

Enrique juga menilai aksi cepat pemain Valencia saat membalas gol kedua pada menit ke-45. Enrique memuji gol milik striker Valencia, Munir El Hadadi yang merupakan pemain pinjaman pelatih Gonzales dari Barcelona. Penyerang 21 tahun tersebut, memang membikin takluk kiper Ter Stegen, menjelang akhir babak pertama lewat serangan balik Valencia, membalas gol Lionel Messi pada menit ke-44.

Namun begitu, Enrique mengatakan, hasil akhir masih menempatkan Barcelona sebagai pemenang. Raihan tiga angka dari Valencia kali ini, menurut dia upaya baik mengejar ketertinggalan di sisa pertandingan yang tersisa di La Liga musim ini. Barcelona unggul 4-2 dari Valencia, Senin (20/3).