Ahad , 16 April 2017, 03:56 WIB

Messi Cemerlang, Barcelona Tempel Madrid

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
AP Photo/Manu Fernandez
Lionel Messi (kiri)
Lionel Messi (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona bangkit dari kekalahan melawan Juventus di Liga Champions. Blaugrana mengamankan tiga angka dengan menaklukkan Real Sociedad 3-2 dalam lanjutan La Liga di Camp Nou, Ahad (16/4) dini hari WIB. Lionel Messi jadi bintang laga ini dengan dua gol dan satu assist.

Kemenangan ini membuat Messi dkk terus menempel Real Madrid yang beberapa jam sebelumnya juga memetik kemenangan 3-2 atas Sporting Gijon. Barcelona kini mengantongi nilai 72, terpaut tiga angka dari Madrid yang menempati puncak klasemen.

Bermain di kandang sendiri dengan tekad bangkit dari kekalahan lawan Juventus di Liga Champions membuat Barcelona tampil agresif sejak awal. Gol pertama Barcelona lahir dari kaki Messi pada menit ke-17. Ia menembak dari luar kotak penalti setelah mendapat operan dari Luis Suarez. 

Tiga menit berselang, Suarez juga hampir mencetak skor namun gagal karena bola tendangannya terlalu melebar. Sociedad sesekali membalas tapi tak membahayakan gawang Marc-Andre tes Stegen.

Pada menit ke-35 Andre Gomez memiliki kesempatan memperbesar skor, tapi gagal. Messi akhirnya membawa Barcelona menjauh lewatgolnya pada menit ke-37.

Blaugrana tampaknya akan menutup babak pertama dengan nyaman. Akan tetapi, lima menit menjelang istirahat, kedua tim saling berbalas gol.

Pemain bertahan Real Sociedad Inigo Martinez memperkecil ketertinggalan pada menit 42. Tendangannya membentur pemain bertahan Barcelona Umtiti yang kemudian mencetak gol bunuh diri. Paco Alcacer yang menggantikan posisi Neymar yang absen karena larangan bertanding merestorasi keunggulan dua gol Barceona pada menit ke-44. Ia mencetak gol memanfaatkan assist dari Messi.

Namun Barcelona kembali kebobolan, kali ini lewat Xabi Prieto pada injury time babak pertama. Skor pun berubah menjadi 3-2 saat jeda.

Babak kedua, Barcelona tetap lebih dominan menguasai bola. Operan-operan dari kaki ke kaki membuat tim asuhan Luis Enrique menguasai tempo, namun belum bisa menambah gol.

Enrique kemudian memasukkan Andres Iniesta dan Denis Suarez untuk menggantikan Andre Gomes dan Paco Alcacer. Namun gol tambahan tak kunjung tercipta. Real Sociedad juga mengganti Bautista Orgilles Jon dengan Da Silva Willian Jose pada menit 79 serta Esteban Granero mengganti David Zurutuza pada menit 84. Namun hingga tiga menit injury time berakhir, Sociedad tak mampu untuk setidaknya menyamakan kedudukan.

Kekalahan ini membuat Sociedad tertahan di posisi ketujuh dengan nilai 52 dari 32 laga.