Jumat , 14 Juli 2017, 16:21 WIB

Xavi Berhasrat Jadi Pelatih Barcelona

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
EPA/MARCUS BRANDT
Xavi Hernandez
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Salah satu legenda Barcelona Xavi Hernandez baru-baru ini mengungkapkan keinginannya kembali ke Camp Nou. Bukan sebagai pemain, namun pelatih.

Xavi meraih 23 trofi juara selama berseragam Barcelona. Pengatur serangan yang sejak 1991 memperkuat Barcelona meninggalkan Los Cules dan bermain di kesebelasan asal Qatar, Al Sadd.

Akan tetapi, pemain berusia 38 tahun ini berulang kali menegaskan bahwa ia bercita-cita kembali ke Camp Nou dan menyandang jabatan sebagai seorang pelatih.

"Saya tidak ingin menyembunyikan hasrat saya, saya ingin menjadi manajer. Dan tentunya saya tidak memungkiri fakta bahwa cepat atau lambat saya kembali ke Barcelona, tapi sebagai manajer," kata dia kepada Sport, Jumat (14/7).

Meski bermimpi menjadi seorang pelatih andal bagi klub tercinta, pesepak bola yang telah menginjak usia senja itu mengatakan saat ini dirinya harus banyak belajar sebelum benar-benar terjun ke dunia tersebut.

"Namun pertama, saya harus belajar dan itu tidak bisa dilakukan dalam sebulan, dua, atau tiga bulan, namun bertahun-tahun. Untuk bisa melatih Barcelona, Anda harus bisa melatih dengan sangat baik. Mimpi saya suatu hari nanti adalah berada di bangku cadangan Barca sebagai manajer," kata dia.

Xavi masih akan memperkuat Al Sadd minimal semusim ke depan.