Ahad , 16 Juli 2017, 22:06 WIB

Kisah Neymar yang Dapat Tawaran dari Chelsea dan Madrid

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani
EPA/ALESSANDRO DI MARCO
Neymar
Neymar

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Neymar ternyata pernah nyaris bergabung dengan Real Madrid. Hal itu diungkapkan oleh mantan agen Neymar. Pemain berusia 25 tahun ini memulai karier sepak bolanya di akademi muda Portuguesa Santista di usianya delapan tahun. Ia lantas bergabung dengan klub Brasil, Santos, pada usia 12 tahun. Striker kelahiran 1992 ini menjadi pemain yang sangat dicari saat ia menunjukkan kinerja yang mengesankan bersama Santos.

Pada 2010 atau tepatnya saat usianya 19 tahun, ia bermain di tim senior untuk tim nasional Brasil. Setahun setelah mewakili Brasil di Olimpiade 2012, Neymar menyelesaikan sebuah langkah kontroversial dengan kepindahannya ke Barcelona.

Namun demikian, mantan agennya, Wagner Ribeiro, mengatakan kepada media Brasil UOL Esporte, bahwa Real Madrid dan Chelsea pernah mengajukan tawaran untuk striker asal Brasil  tersebut. Ribeiro mengatakan, ia menjadi agen Neymar sejak usianya 12 tahun dan memberinya dua kontrak dengan Santos.

Namun, saat Neymar beranjak dewasa, ia mengatakan sang ayah mengendalikan segalanya terkait Neymar melalui perusahaannya. Ia mengaku, baginya Neymar seperti anak laki-lakinya. Kendati demikian, ia mengatakan sang ayah bisa dipercaya dan ia juga menyukai sertia menghormatinya.

Saat ditanya tentang kesepakatan yang membuat Neymar akhirnya bergabung ke Camp Nou, Ribeiro menjawab bahwa saat itu ia bukan lagi menjadi agen Neymar. Namun, sang ayah yang memilih untuk mengirim Neymar ke Blaugrana. Meskipun, ia mengaku mereka juga bekerja sama.

Menurutnya, ia mengirim tawaran dari Chelsea dan Madrid ke Santos. Sementara tawaran dari Barca langsung datang kepada sang ayah. Ribeiro mengaku ia ingin Neymar pergi ke Madrid. "Secara ekonomi, itu adalah tawaran yang lebih baik untuk Santos dan bahkan lebih baik untuk sang pemain. Tapi dia memutuskan untuk pergi ke Barcelona, karena mereka adalah tim hatinya," kata Ribeiro, dilansir dari Express, Ahad (16/7).

Tahun ini, Neymar didakwa atas dugaan kecurangan terkait langkah transfernya dari Santos ke Barca. Biaya yang dikeluarkan dalam langkah kepindahannya ke Camp Nou itu ialah 49 juta pound. Namun, perusahaan investasi DIS berpendapat bahwa mereka berhutang sebanyak 40 persen dari biaya keseluruhan, yang ternyata bisa mencapai 71,5 juta pound. Neymar sendiri telah memenangkan dua gelar La Liga dan Liga Champions sejak ia bergabung ke Blaugrana.

Neymar pernah ditanya terkait kemungkinan pindah ke Liga Primer. Namun, ia mengaku belum  pernah berpikir untuk tinggal di Inggris. Ia mengatakan jarang menonton Liga Primer dan juga memang tidak begitu sering menonton sepak bola. "Saya ingin mengikuti Coutinho dan Gabriel Jesus hanya untuk melihat bagaimana keadaan mereka, tapi saya tidak pernah menyentuh masalah pindah ke Liga Primer bersama mereka," kata Neymar.

Neymar mengatakan, ia pernah bermain di beberapa lapangan di  Inggris. Ia meyakini hampir semua tim di sana adalah tim besar. Karena itu, ia mengaku sulit untuk memilih mana tim yang paling ia sukai. Pada musim 2016/2017 lalu, Neymar telah mencatatkan 45 penampilan dan mencetak 20 gol di semua kompetisi untuk Barca.