Senin , 23 October 2017, 16:57 WIB

Conte: Saya Beda dengan Pelatih Chelsea Sebelumnya

Red: Ratna Puspita
EPA-EFE/NEIL HALL
Antonio Conte
Antonio Conte

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Pelatih Chelsea Antonio Conte mengklaim dia berbeda dengan para pendahulunya. Conte mengutarakan hal tersebut setelah menyatakan Chelsea berhasil bertahan pada ujian awal musim yang sulit. 

The Blues memiliki persoalan kedalaman pemain sehingga sulit melakukan rotasi ketika ada yang cedera. Conte sudah kerap mengeluhkan timnya yang minim melakukan pembelian pada bursa transfer musim panas lalu. 

Juara bertahan Liga Primer itu juga menunjukkan pertahanan yang buruk dengan kebobolan 12 gol pada sembilan laga pembuka. Conte pun kembali menjadi sorotan ketika the Blues meraih hasil imbang melawan AS Roma pada laga Liga Champions, tengah pekan lalu. 

Sebelumnya di Liga Primer, Chelsea sudah mencatat dua hasil buruk yakni kalah dari City dan Palace. Conte pun kembali dihubungkan dengan AC Milan. 

Namun, The Blues bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Watford 4-2 pada akhir pekan lalu. Conte pun menyatakan dia tidak merasakan tekanan apapun.

"Saya tidak seperti pelatih sebelumnya. Saya berbeda,” kata mantan juru taktik Juventus dan Italia kepada Telegraph, dilansir dari Football Italia, Senin (23/10). 

Di masa lalu, Conte menuturkan, klub memutuskan memecat pelatih setelah dua atau tiga laga yang berakhir dengan kekalahan. Namun, menurut Conte, hal itu tidak berlaku untuk semua pelatih. 

Dia menambahkan sangat penting untuk memahami bahwa klub seharusnya menilai kinerja pelatih berdasarkan pekerjaannya. Tapi, dia kembali menyatakan, dia tidak memiliki dua jenis kekhawatiran, yakni jika tim saya kalah dalam pertandingan atau jika klub memutuskan memecatnya. 

“Saya ulangi. Jika Anda bertanya apakah saya merasakan tekanan dari klub ini, maka jawabannya adalah nol,” kata dia. 

Chelsea telah merekrut Antonio Rudiger dari Roma, gelandang Monaco  Tiemoue Bakayoko dan juga memecahkan rekor transfer mereka untuk mengontrak striker Alvaro Morata dari Real Madrid. Chelsea juga mendatangkan enam pemain baru ke Stamford Bridge. 

Namun, jumlah itu bahkan tidak bisa menggantikan 12 demain yang dijual oleh Chelsea. Termasuk Nemanja Matic ke Manchester United. 

Chelsea saat ini menghuni peringkat ke-4 klasemen sementara LIga Primer dengan 16 angka, tertinggal sembilan poin dari City di puncak.