Jumat , 11 Agustus 2017, 09:44 WIB

Barca Diyakini tidak akan Menyerah Memburu Coutinho

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ratna Puspita
EPA/Peter Powell
Phillipe Coutinho
Phillipe Coutinho

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL — Liverpool menolak tawaran Barcelona untuk Philippe Countinho. Namun, pengamat sepak bola seperti Guillem Balague yakin tim Katalan itu tidak akan menyerah kendati telah ditolak oleh the Reds.

Barca diyakini siap untuk membayar dana sebesar 110  juta pound (Rp 1,7 triliun) untuk mendapatkan pengganti Neymar tersebut. "Mereka akan mencoba kembali karena mereka sudah banyak melakukan usaha seperti ini,” kata dia dilansir dari Sky Sports, Jumat (11/8).

Menurut Balague, Barca memiliki celah uituk mendapatkan Coutinho dari Liverpool sebelum pasar transfer ditutup pada akhir bulan ini. “Mereka pikir mereka memiliki kesempatan dan kesempatan itu adalah pemain tersebut ingin pindah ke Barcelona, tapi sepertinya itu tidak akan cukup," kata Balague.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp sudah menegaskan bahwa timnya tidak sedang berada dalam tekanan keuangan untuk menjual Countinho. Pelatih asal Jerman itu pun mengangggap Coutinho tak ternilai harganya.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Sky Germany, klopp mengatakan the Reds bukan klub yang harus menjual pemain mereka. "Hal itu tidak bisa diubah. Jadi berapa yang mereka bayar pada  akhirnya tidak masalah," kata Klopp.

Dari sudut pandang keuangan, Klopp mengatakan tidak ada batasan harga untuk mengizinkan Countinho hengkang. Klopp tetap bersikukuh untuk tidak menjual COutinho.

"Tidak ada harga yang akan membuat kami menyerah. Tujuan kami adalah untuk memiliki tim terbaik, jadi kami ingin menjaga orang-orang kami dan menambahkan yang baru. Itu adalah rencana kami," kata dia. 

Klopp menambahkan memang benar tidak ada pemain yang tidak bisa tersentuh dengan langkah transfer. Menurutnya, soal transfer hanya masalah waktu. Kendati demikian, ia mengatakan  bahwa the Reds tidak perlu memikirkan soal permintaan dari hanya satu klub.

Coutinho telah berkomitmen akan masa depannya dengan Liverpool. Ia menandatangani kontrak baru dengan lima setengah tahun di Anfield pada Januari lalu. 

Kesepakatan itu disebut tanpa klausul pelepasan. Di sisi lain, pemain berusia 25 tahun itu telah mengisyaratkan bahwa ia ingin pindah ke Camp Nou, jika kesepakatan bisa dilakukan secara damai dengan teh Reds. 

Coutinho menikmati musim 2016-2017 yang luar biasa. Ia mencetak 13 gol dan menyumbang tujuh assist dalam 31 penampilan Liga Primer. 

Performanya turut membantu Liverpool menyelesaikan musim lalu di urutan keempat klasemen Liga Primer dan lolos kualifikasi Liga Champions.